Aquascape

10 Kelebihan Tanaman Buatan Artifisial untuk Akuarium



10 Kelebihan Tanaman Buatan Artifisial untuk Akuarium | Semakin berkembangnya teknologi, banyak ide-ide pengaplikasian yang dibuat oleh tangan-tangan kreatif. Tidak terkecuali pengaplikasian terhadap akuarium. Akhir-akhir ini banyak dibuat pengaplikasian pada akuarium yang berupa tanaman buatan atau sering disebut juga tanaman artifisial. Tanaman yang terbuat dari plastik ini dimodifikasi dari aksesoris akuarium dengan cara penambahan perhatian pada detail dari tanaman hingga benar-benar menyerupai tanaman asli. Hal ini tentu bisa menipu mata kita. Kita menjadi sulit membedakan mana tanaman yang asli dan mana tanaman buatan. Bahan baku yang fleksibel dan penampilan yang menyerupai keadaan lingkungan, membuat tanaman artifisial terlihat semakin hidup. Apalagi ketika tanaman artifisial ini sudah ditumbuhi lumut asli, akan lebih sulit lagi untuk membedakan tanaman asli atau buatan.

Tanaman artifisial yang dijual di pasaran untuk akuarium air tawar maupun air laut umumnya terbuat dari bahan plastik atau sutera buatan, dan terdapat berbagai jenis warna dan ukuran yang bervareasi. Untuk penempatan tanaman artifisial, bisa ditempatkan di bagian belakang ataupun tengah akuarium, sesuai selera kalian sendiri.

Apa sajakah keuntungan menggunakan tanaman buatan atau tanaman artifisial ini? Berikut ini adalah 10 kelebihan tanaman buatan artifisial untuk akuarium!

1. Tidak Perlu Menunggu
Tanaman artifisial, tentunya tanaman yang bisa langsung digunakan. Mereka hanya membutuhkan ditempatkan di tempat yang pas sesuai keinginan kalian sendiri. Sebaiknya sebelum diaplikasikan ke dalam akuarium, tanaman buatan ini kita cuci terlebih dahulu. Kita bisa merendamnya dalam air hangat selama sekitar 15 – 30 menit. Ini bertujuan untuk membuat bahan pembuat tanaman luntur, sehingga menjadikan tampilannya lebih nyata.

2. Pemeliharaan Gratis
Kita tidak pelu mengeluarkan biaya pemeliharaan, bahkan kita tidak perlu memeliharanya, karena memang tanaman buatan ini bukan tanaman hidup yang membutuhkan perawatan. Tanaman artifisial tidak membutuhkan pencahayaan untuk pertumbuhan. Tanaman artifisial tidak membutuhkan substrat khusus maupun suplemen.

3. Fleksibel
Karena tanaman artifisial tidak mempunyai kriteria khusus, kalian bisa menempatkan menggunakan cara apapun sesuai selera kalian sendiri. Kalian bisa menempatkan tanaman buatan di akuarium air laut maupun akuarium air tawar. Jika kalian ingin merubah kembali tatanan tanaman buatan, kalian bisa menata ulang kembali dengan mengganti atau membenahi kembali tanaman tanaman buatan ini.

4. Mudah Dibersihkan
Jika tanaman buatan ini kotor, kalian bisa membersihkannya. Tidak perlu ribet untuk membersihkannya, hanya dengan mengelap kaca serta mengganti beberapa air medianya. Kalian juga bisa merendamnya dalam plastik khusus tanaman yang bersih dengan cara membilasnya sebelum diletakan kembali ke dalam akuarium.

5. Ketahanan
Tanaman artifisial tidak membutuhkan pemangkasan untuk menjaga penampilannya. Dan bila sedang berlangsung pergantian musim, kalian tidak perlu khawatir tanaman akan gugur daunnya.

6. Tidak Dimakan Ikan
Jika kalian memelihara ikan pemakan tumbuh-tumbuhan atau memelihara ikan agresif, kalian tidak perlu khawatir tanaman kalian tidak akan dimakan ikan tersebut. Bahkan tanaman buatan bisa untuk tempat berlindung atau rumah ikan.

7. Keselamatan
Dikarenakan tanaman buatan ini tidak diangkat dari dalam air akuarium, maka tanaman ini tidak lagi membawa masalah parasit ataupun hama lainnya. Untuk itu ikan peliharaan kalian juga akan selamat dari gangguan hama dan penyakit.

8. Kandungan Bahan Kimianya Berkelanjutan
Karena tanaman artifisial tidak menghasilkan oksigen ataupun karbon dioksida, maka tanaman artifisial ini tidak akan mempengaruhi kandungan bahan kimia atau keadaan yang berhubungan dalam air yang lain. Tanaman buatan juga tidak mendukung pertumbuhan lumut ataupun tumbuhan lain yang menyerap oksigen yang benar-benar diperlukan oleh organisme yang kita pelihara di akuarium.

9. Kualitas Air
Tanaman buatan tidak akan membusuk maupun pergantian alam hayati, sehingga tidak akan mengakibatkan pergantian apa pun pada kualitas maupun bau air.

10. Kenyamanan
Tanaman buatan ini nyaman dilihat, mudah dirawat, dan murah.

Baca juga: Bagaimana Cara Memangkas dan Menjaga Tanaman Pada Aquascape ?

Demikian tadi 10 kelebihan tanaman buatan artifisial untuk akuarium. Semoga bermanfaat untuk pembaca, terutama untuk kalian yang mau mendekorasi akuarium! Terima kasih.

Previous post

Yellow Tang, Ikan Hias Air Laut yang Menawan

Next post

Jenis Jenis Ikan Arwana

Komentar Anda