Aquascape

Apasih Hardscape Aquarium Design itu ?



duniaair.com – Apa sih hardscape aquarium design itu ? Hardscape adalah tata letak akuarium dengan menggunakan media pasir, batu, akar pohon dan dekorasi lainnya tanpa menggunakan tanaman air didalamnya. Supaya hardscape design kita sukses dan indah untuk dipandang, yang paling penting diperhatikan dalam hardscape yakni pada penyusunan tata letak (layout design), sudut pandang (perspective) dan pemilihan warna dan bahan untuk hardscape tersebut karena dapat dibilang ketiga poin tersebut nyawa bagi design hardscape kita.

Berbeda dengan aquascape yang membutuhkan perawatan yang banyak, hardscape sendiri tidak terlalu banyak membutuhkan perawatan. Untuk lebih jelasnya, berikut duniaair.com akan memberikan cara bagaimana menyusun hardscape akuarium dengan mudah

Teknik Membuat Hardscape Aquarium Design :

  1. Hal yang pertama dilakukan adalah memilih media apa yang akan dipakai, mulai dari pasir, kayu, batu dan elemen lain yang akan digunakan dalam hardscape. Bila menggunakan media batu yang besar dan berat disarankan untuk memberi polystyrene / styrofoam dibagian bawahnya untuk mengurangi gesekan langsung pada kaca akuarium bagian bawah.
  2. Masukkan substrat kedalam akuarium, bisa menggunakan pasir malang, pasir silica atau pasir yang biasa digunakan dalam aquascape. Ketebalan pasir sesuai dengan selera dan layout yang akan digunakan, minimal sekitar 2-3 cm.
  3. Untuk memberikan kesan kedalaman sudut pandang (perspective), bisa dibuat dengan cara penyusunan substrat berbentuk lereng / bagian belakang lebih tebal daripada bagian belakang.
  4. Setelah selesai menyusun substrat, masukkan elemen yang akan dipakai seperti kayu, batu dan elemen lainnya.

Baca juga : Jenis, Perbedaan dan Aturan Pemakaian Pupuk Dalam Aquascape

Berikut duniaair.com akan memberikan contoh hardscaper dari luar negeri yang bisa dijadikan referensi.

Hardscape Batu Karang

Hardscape Aquarium Design Menggunakan Batu Karang

Hardscape Ikan Discus

Hardscape Aquarium Design Untuk Ikan Discus

Hardscape Ikan Koki

Hardscape Aquarium Design untuk Ikan Koki

Hardscape Ikan Manfish

Hardscape Aquarium Design untuk Ikan Manfish

Apakah berminat untuk membuat hardscape ?

Previous post

DIY : Membuat Algae Turf Screen Filter (ATS)

Next post

Panduan Memilih Substrate Dalam Aquascape

Komentar Anda