AquascapeDIY (Do It Yourself)

Cara Membuat Air Terjun di Dalam Akuarium Aquascape



Cara Membuat Air Terjun di Dalam Akuarium Aquascape | Apakah kalian pernah melihat air terjun di dalam akuarium? Itu terlihat menarik tentunya. Apa kalian ingin membuat air terjun di dalam akuarium seperti itu, untuk menambah keindahan akuarium atau aquascape mu? Kali ini duniaair.com ingin berbagi tips cara membuat air terjun di dalam akuarium atau aquascape.

Perlu kalian tahu lebih dulu, itu sebenarnya bukan air terjun, namun terlihat seperti air terjun. Itu sebenarnya adalah pasir putih. Prosesnya adalah pasir putih yang lembut diangkat ke atas kemudian dijatuhkan ke wadah, kemudian diangkat ke atas lagi. Untuk lebih jelasnya, simak pemaparan berikut ini.

Bahan dan alat yang diperlukan


1. Pipa pralon berdiameter 1 inci, bisa ukuran 25 cm atau sesuka kalian untuk ketinggian air terjunnya
2. Sambungan pralon untuk belokan
3. Obeng (untuk melubangi pralon)
4. Selang aerator media penutup (untuk menutupi pralon serta jadi media jatuhnya pasir, bisa berupa batu-batuan, kayu, atau menurut kreasi kalian masing-masing)
5. Aerator (pembangkit hawa/gelembung)

Proses pengerjaan

1. Membuat rongga di ujung pralon untuk tempat pasir masuk.


2. Membuat lubang seukuran selang di pojok belokan (di tengah-tengah) sambungan belokan pralon pvc dengan obeng yang dipanaskan.


3. Masukan selang ke dalam lubang yang telah kita buat tadi di ujung pralon pvc.


4. Gunakan aerator di ujung selang, serta taruh di ujung bawah pralon pvc


5. Pastikan ujung aerator sejajar dengan dasar pralon


6. Masukkan ke dalam air, kemudian nyalakan aerator jika air dapat menyembur dari ujung pralon maka itu berhasil. Setelah itu tinggal letakkan di ujung bawah pralon basic pasir lembut.

7. Tunggu sebentar hingga pasir terangkat dan jatuh di sekitar pralon. Agar pasir tidak berhamburan dan bisa terkumpul lagi, buatlah wadah penampungnya. Buatlah wadah sedemikian rupa hingga pasir balik lagi terhisap pralon.

8. SELESAI

Baca juga: Cara Membuat Hiasan Akuarium Sederhana dan Murah

Kalian juga bisa mengkreasikannya dengan kreasi kalian sendiri untuk mempercantik. Demikian tadi cara membuat air terjun di dalam akuarium. Semoga bermanfaat. Selamat mencoba!

Previous post

Video : 10 Akuarium Terbesar dan Terluas di Dunia

Next post

Si Pemalu Royal Clown Loach

Komentar Anda