DIY (Do It Yourself)

Cara Membuat Akuarium dari Galon Air Minum



Saat ini banyak sekali kita menemukan jenis-jenis atau model-model akuarium. Fungsi dari akuarium sendiri bisa untuk media budidaya ikan, atau bisa juga untuk mempercantik tata ruang rumah kita. Bentuk akuarium sangat beragam dan bervariasi, dari yang biasa-biasa saja sampai yang unik. Biasanya kita membuat atau membeli sebuah akuarium terbuat dari bahan kaca dengan bentuk kotak atau persegi panjang, namun pada postingan kali ini, dunia air mau berbagi tips membuat akuarium yang cukup unik yakni bagaimana cara membuat akuarium dari galon air minum bekas yang nantinya bisa dipajang di rumah sebagai hiasan untuk mempercantik tata ruang rumah anda.

Pertama-tama kita harus menyiapkan alat dan bahan yang diperlukan. Berikut ini alat dan bahan yang kita perlukan:

1. Bekas galon air minum
2. Guci tempat galon air minum
3. Batu hias akuarium
4. Gergaji
5. Tanaman hias akuarium
6. Amplas

Membuat Akuarium dari Galon Air

Baca Juga : Cara Membersihkan Aquarium yang Buram dan Kotor

Langkah-langkah Membuat Akuarium dari Galon Air :

Langkah pertama adalah kita cuci galon air minum yang akan kita gunakan sebagai media akuarium, cuci dengan bersih. Kemudian kita lubangi bagian bawah galon dengan menggunakan gergaji. Gergaji yang digunakan adalah gergaji yang biasanya untuk memotong besi. Setelah selesai digergaji, bekas potongan tadi kita amplas agar halus dan tidak melukai ikan.

Membuat Akuarium dari Galon Air
Langkah kedua adalah memasukan batu hias dan tanaman hias akuarium ke dalam galon melalui lubang yang sudah dibuat.

Langkah yang terakhir, kita tinggal mengisi galon dengan air bersih. Setelah diisi air kita perlu mendiamkannya kurang lebih selama 1 X 24 jam untuk menghilangkan kandungan zat-zat yang tidak baik untuk ikan. Setelah kurang lebih 1 X 24 jam, ganti air dengan air bersih yang baru. Setelah itu, ikan hias bisa kita masukan ke dalam akuarium galon yang telah kita buat.

Membuat Akuarium dari Galon Air

Baca Juga : DIY : Membuat Background 3D Pada Akuarium

Itulah tadi tips Bagaiman Cara Membuat Akuarium dari Galon Air Minum yang cukup simpel dan mudah. Akuarium galon ini sangat cocok buat anda yang suka sesuatu yang unik dan tidak biasa. Semoga postingan kali ini bermanfaat! Selamat mencoba!

Previous post

Penyebab Penyakit Kutil Pada Ikan Cupang Dragon

Next post

Budidaya Ikan Belida

Komentar Anda