Aquascape

Cara Menanam Tanaman Air di Akuarium ( Part 1 )



duniaair.com – Cara menanam tanaman air di akuarium bukan menjadi hal yang sulit jika mengetahui teknik yang digunakan. Cara paling mudah untuk menanam tanaman air di akuarium yakni ketika kondisi dimana air pada akuarium masih sedikit. Banyak penghobi aquascape yang salah melakukan penanaman ketika akurium pada kondisi penuh air. Selain sulit pada proses penanaman pada substrat yang mudah berhamburan/rusak, menamam dalam kondisi penuh air juga susah untuk membentuk tanaman tersebut.

Setelah menanam, yang perlu diperhatikan juga yakni pada saat memasukkan air ke dalam akuarium, gunakan piring untuk membantu agar arus air yang masuk tidak terlalu besar agar substrat tidak terlalu berhamburan. Jangan lupa gunakan semprotan air untuk menjaga tanaman air selalu basah.

Cara Menanam Tanaman Air di Akuarium :

1 Cara menanam jenis Stem ( Egeria, Hygrophila, Ludwigia, dll )

Untuk menanam jenis ini pertama yakni lepaskan tanaman dari pot, kemudian potong akar dari tanaman ini, sisakan kira-kira 4cm dan buang sedikit bagian daun terluar. Kemudian tanamlah perbatang satu persatu, usahakan tanam secara berkelompok supaya terlihat lebih indah

Cara menanam jenis Stem

Cara menanam jenis Stem

Baca juga : 6 Jenis Kayu Penghias Aquascape

2 Cara menanam jenis Rossete ( Echinodorus, Cyctocoryne, dll )

Untuk menanam jenis rossete hampir sama dengan jenis stem, hal yang pertama pisahkan dengan pot, potong akar dan sisakan panjang akar 4cm. Pisahkan tanaman menjadi perbatang dan buang bagian daun terluar supaya daun tumbuh secara cepat. Untuk penanaman bisa secara sendiri maupun kelompok

Cara menanam jenis Rossete

Cara menanam jenis Rossete

Baca juga : Panduan Memilih Substrate Dalam Aquascape

3 Cara menanam jenis Carpeting Plants / Tanaman Karpet ( Eleocharis, Glossostigma, dll )

Untuk menanam jenis carpeting plants agak berbeda dengan 2 jenis diatas, pertama-tama cabut tanaman dari pot kemudian potong bagian akar kira-kira 2 cm. Jangan terlalu banyak dipotong karena bagian akar jenis ini digunakan supaya akarnya kuat. Setelah itu potong bagian atas tanaman ini. Untuk penanaman, tanamlah pada bagian yang akan ditutupi dengan tanaman ini.

Cara menanam jenis Carpeting Plants

menanam jenis Carpeting Plants

Berikut beberapa cara penanaman jenis tanaman air. Selamat bercocok tanam.

Lanjut ke > Cara Menanam Tanaman Air di Akuarium ( Part 2 )

Previous post

Green Terror, Si Cichlid Yang Suka Meneror dan Penuh Warna

Next post

Faktor Penyebab Aquascape Gagal

Komentar Anda