Aquascape

Cara Menanam Tanaman Air di Akuarium ( Part 2 )



duniaair.com – Cara menanam tanaman air di akuarium bukan menjadi hal yang sulit jika mengetahui teknik yang digunakan. Cara paling mudah untuk menanam tanaman air di akuarium yakni ketika kondisi dimana air pada akuarium masih sedikit. Banyak penghobi aquascape yang salah melakukan penanaman ketika akurium pada kondisi penuh air. Selain sulit pada proses penanaman pada substrat yang mudah berhamburan/rusak, menamam dalam kondisi penuh air juga susah untuk membentuk tanaman tersebut.

Telah dijelaskan sebelumnya di Cara Menanam Tanaman Air di Akuarium ( Part 1 ) bagaimana menanam jenis tanaman stem, rossete dan carpeting plants. Selanjutnya akan dijelaskan bagaimana menanam jenis tanaman anubias, floating plants, moss, bulbs dan stolons.

Cara Menanam Tanaman Air di Akuarium :

1 Cara menanam jenis Rhizomes ( Anubias, Microsorum ) :

Jenis tanaman rhizomes yang paling banyak kita kenal yakni anubias. Untuk menanam jenis rhizomes hal yang pertama dilakukan yakni pisahkan dengan media pot, kemudian potong akar sedikit supaya pertumbuhan akar nantinya baik. Kemudian tempelkan ke media yang akan digunakan, misalnya pada batu atau kayu. Untuk menghindari tanaman busuk karena tidak menempel pada kayu atau batu, bisa juga tanaman diikat pada kayu menggunakan benang atau dijepit diantara bebatuan.

cara menanam anubias

menanam anubias

2. Cara menanam jenis Floating plants ( Limnobium, Ceratophyllum )

Jenis tanaman floating plants digunakan para aquascaper untuk menghias akuarium jika dilihat dari atas, bisa juga untuk menambah kesan alami karena menambah kesan shading lebih dalam pada akuarium. Untuk menanam jenis tanaman ini sangatlah mudah karena hanya dimasukkan kepermukaan akuarium. Potonglah akar tanaman yang panjang. Perlu diperhatikan adalah bagaimana akar tanaman ini terlihat rata dan enak dipandang. Bisa juga dipisah menjadi bagian-bagian kecil.

cara menanam floating plant

menanam floating plant

Baca juga : 6 Jenis Kayu Penghias Aquascape

3. Cara menanam jenis Moss ( Taxiphyllum, Monosolenium )

Tanaman jenis moss merupakan tanaman wajib yang sering digunakan para aquascaper, apalagi jika tanaman ini tumbuh subur dan hijau. Untuk menanam jenis moss tidaklah susah. Hal yang pertama dilakukan yakni, pisah-pisahkan moss menjadi bagian kecil-kecil, kemudian tempelkan kemedia seperti kayu atau batu. Untuk menghindari moss tidak lepas, bisa gunakan benang untuk mengikatnya. Usahakan warna benang tidak terlalu mencolok dan merusak pemandangan. Bisa juga memanfaatkan bagian moss untuk menutupi bagian bawah.

cara menanam moss

cara menanam moss

4. Cara menanam jenis Bulbs and tubers ( Crinum, Aponogeton )

Tanaman jenis bulbs and tubers mungkin masih jarang ditemui para aquascaper Indonesia. Tanaman jenis ini kadang juga disebut bawang air. Keunikan dari tanaman ini adalah terdapat sebuah batang besar seperti umbi atau bawang. Menanam tanaman ini pertama pisahkan dari media pot dan potong akar kira” sisakan 4 cm. Hilangkan tanaman lain yang ada dan sisakan 1 yang paling besar. Untuk penanaman, umbi bisa ditutup semua atau bisa juga dilihatkan.

cara menanam umbi

cara menanam umbi

Baca juga : Panduan Memilih Substrate Dalam Aquascape

5. Cara menanam jenis Stolon ( Vallisneria, Lilaeopsis )

Untuk tananam jenis stolon hampir sama dengan menanam jenis stem. Pertama lepaskan dari media pot kemudian potong akar sisakan kira-kira 4 cm. Kemudian pisah tanaman satu persatu dan kemudian bisa ditanam.

cara menanam stolon

cara menanam stolon

Previous post

Ikan Kerapu, Groper Fish yang Menjanjikan

Next post

Bagaimana Cara Memangkas dan Menjaga Tanaman Pada Aquascape ?

Komentar Anda