AquascapeIkan Hias

Empire Gudgeon, Ikan Pecinta Damai yang Cocok Menghiasi Aquascape



Empire Gudgeon adalah ikan yang menyebar di selatan Papua Nugini dan sebelah timur dan utara Australia. Penyebaran di Australia memanjang dari Pimbara dan Kimberley di negara bagian Australia Barat hingga ke sungai Towamba di negara bagian New South Wales.

Untuk memelihara ikan Empire Gudgeon yang perlu dipersiapkan yaitu perbanyak tempat persembunyian dan penutup. Hal ini berguna untuk memberikan kenyamanan bagi ikan, selain itu untuk memberikan perlindungan dari ikan yang lebih kuat. Oleh karena itu Empire Gudgeon, ikan pecinta damai yang cocok menghiasi aquascape.


Di habitat aslinya, ikan ini biasanya memangsa krustasea atau invertebrata kecil. Kalau dipelihara di akuarium sebaiknya diberi pakan hidup atau beku seperti bloodworm, artemia, daphnia, mysis, jentik nyamuk, dan lain-lain. Akan tetapi sebenarnya ikan ini juga bisa diberi pakan kering.

Ikan pecinta damai sebaiknya dipelihara dengan ikan pecinta damai yang lain, yang memiliki ukuran tubuh kurang lebih sama besarnya.

Baca juga : Ikan Pemakan Lumut Untuk Aquascape

Ikan ini memiliki warna tubuh yang begitu indah. Warna yang indah ini hanya terdapat pada tubuh pejantan saja, sedangkan warna tubuh betinanya biasanya kusam. Ikan ini habitatnya adalah di air tawar, tetapi bila akan memijah mereka akan menuju ke muara dan pesisir pantai. Warna tubuh ikan Empire Gudgeon yang cantik ini akan tampak lebih cantik jika ikan ini dipelihara dalam akuarium yang dipenuhi dengan tanaman air. Untuk itu ikan Empire Gudgeon ini sangat cocok menghiasi aquascape anda. Walaupun ikan ini cantik, tapi nampaknya dia belum begitu terkenal dan hanya dikenal di grup-grup yang hobi aquascape saja. Untuk harga, ikan Empire Gudgeon dijual kurang lebih 15 ribu rupiah per ekornya.

Previous post

Budidaya Ikan Belida

Next post

Cara Membuat Hiasan Akuarium Sederhana dan Murah

Komentar Anda