Aquascape

Faktor Penyebab Aquascape Gagal



duniaair.com – Membuat aquascape memang gampang-gampang susah, tergantung bagaimana kita mengetahui cara dan teknik didalamnya. Minimal mempunyai pengetahuan dasar supaya aquascape kita tumbuh subur dan indah dipandang. Informasi dan pengetahuan tentang aquascape yang kurang, selain bisa menjadikan aquascape gagal, uang tenaga dan waktu hanya terbuang sia-sia. Berikut duniaair.com akan memberikan beberapa faktor penyebab aquascape gagal terbentuk.

Faktor Penyebab Aquascape Gagal :

  1. Menggunakan Mesin Aerator Oksigen ( O2 )

Kesalahan nomor pertama ini sering dilakukan para pemula. Menggunakan mesin aerator oksigen pada aquascape bisa menggurangi kadar CO2 yang ada diakuarium. Dengan memanfaakan pergerakan arus air dari filter sudah mencukupi kadar O2 didalam akuarium.

  1. Tidak Menggunakan Lampu

Lampu pada aquascape berguna untuk membantu tanaman air untuk melakukan fotosisntesis. Tidak menggunakan lampu sama hal nya tidak memberikan makanan kepada tanaman air yang dapat berakibat fatal. Pemilihan jenis lampu juga perlu diperhatikan. Pilihlah lampu yang bisa berguna untuk membantu tanaman berfoto sintesis, misalnya lampu TL, LED, Lampu PL. Jangan memberi lampu warna – warni yang sering dijual di toko karena fungsi lampu tersebut hanya sebagai hiasan bukan untuk membantu fotosintesis. Ada baiknya pilih lampu yang berwarna putih.

  1. Tidak Menghiraukan Suhu Air

Suhu air didalam air sangat lah penting untuk diperhatikan, semakin dingin suhu air semakin subur tanaman air kita. Kebanyakan tanaman air bisa tumbuh subuh dikisaran suhu 18-24 derajat celcius. Gunakan chiller atau kipas angin untuk menjaga suhu air didalam akuarium tetap dingin.

  1. Menyalakan Lampu 24 Jam Nonstop

Menyalakan lampu secara 24 jam nonstop juga dapat menyebabkan tanaman air kita mati. Di Alam tanaman tidak secara nonstop mendapatkan cahaya. Buat penerangan kurang lebih 14 jam sehari, selain hemat listrik juga membuat air didalam aquarium tidak cepat menguap dan suhu air tetap dingin.

  1. Kesalahan Memilih Filter Akuarium

Pilihlah filter yang tidak membuat riak air, atau air yang keluar dari filter seperti air terjun karena filter yang membuat riak air dapat mengurangi bahkan bisa menghilangkan kadar CO2 didalam air. Selain itu filter yang keluar seperti air terjun dapat membuat substrat berhamburan yang dapat menyebabkan air menjadi keruh. Pilihlah model filter hang on.

  1. Kesalahan Pemilihan Jenis Kayu

Pemilihan jenis kayu pada aquascape juga tidak kalah pentingnya. Asal memilih bisa jadi jenis kayu tersebut mempunyai getah yang dapat membuat tanaman air dan ikan menjadi mati. Pilihlah jenis kayu yang biasa dipakai oleh para aquascaper misalnya kayu bakau, rasamala atau santigi. Jangan lupa kupas dulu bagian kulit kayu tersebut lalu rebus kayu tersebut untuk mengeluarkan tanin dan yang dapat menyebabkan air berwarna kuning sehingga aquascape gagal.

Baca juga : 6 Jenis Kayu Penghias Aquascape

  1. Kesalahan Pemilihan Jenis Ikan
Neon Tetra Berkelompok

Neon Tetra Salah Satu Jenis Ikan Untuk Aquascape

Pemilihan jenis ikan juga berdampak pada kelangsungan aquascape. Hindari ikan suka yang memakan tanaman air dan ikan yang suka menggali substrat. Jenis tetra dan guppy cocok untuk akuariuam aquascape

  1. Kesalahan Cara Menanam Jenis Tanaman Air

Teknik can cara menanam tanaman air perlu diperhatikan, menanam secara asal-asalan dan asal tancap dapat membuat tanaman air susah untuk tumbuh bahkan bisa menjadi layu kemudian mati.

Baca juga : Cara Menanam Tanaman Air di Akuarium

  1. Kesalahan Memasukkan Air

Cara memasukkan air pada saat pertama set up juga perlu diperhatikan, jangan langsung memasukkan air menggunakan selang. Selain bisa menyebabkan air menjadi keruh, juga memuat pupuk dasar berhamburan keluar. Gunakan bantuan plastik atau piring pada saat memasukkan air.

  1. Kesalahan Penggunaan Obat Pembasmi Siput

Siput memang menjadi hama bagi para aquascaper karena siput sangat cepat berkembang biak sehingga dapat merusak pemandangan. Jangan menggunakan obat pembasmi siput jika di akuarium kita terdapat udang didalamnya, karena obat tersebut dapat membunuh udang. Gunakan keonk assasin atau ikan pemakan siput.

Baca juga : Red Cheery Shimp, Udang Merah Pemanis Aquascape

Demikian beberapa penyebab umum kenapa aquascape gagal. Semoga artikel ini bermanfaat, selamat beraquascape.

 

Previous post

Cara Menanam Tanaman Air di Akuarium ( Part 1 )

Next post

Mengenal Ikan Peacock Bass (Cichla)

Komentar Anda