Ikan HiasIkan Predator

Ikan Aligator, Ikan Predator yang Mirip Buaya



Ikan Aligator, Ikan Predator yang Mirip Buaya | Di antara kalian apakah sudah mengenal ikan ini? Ada yang tahu dan ada yang tidak tahu tentunya. Tapi sebagian besar pecinta ikan hias pasti sudah tahu jenis ikan yang satu ini. Ikan ini mempunyai moncong panjang layaknya seekor buaya dan memiliki tubuh yang panjang. Ikan ini terbagi dalam beberapa jenis, hal ini yang membuat ikan ini menjadi ikan hias.

Untuk memelihara ikan ini, sebaiknya suhu airnya berkisar antara 20 – 25 derajat celcius. Jika kalian ingin memelihara ikan ini di akuarium diperlukan beragam jenis tanaman-tanaman air atau bisa juga menggunakan tanaman buatan, pasir, serta bebatuan. Penambahan benda-benda tersebut bertujuan agar ikan tidak mudah stres. Jika kalian ingin mencampurnya dengan jenis ikan lain, sebaiknya ukuran ikan lainnya tersebut lebih besar. Tetapi akan lebih baik jika tidak dicampur dengan ikan lain, karena ikan ini termasuk ikan predator.

Pakan Ikan Aligator
Ikan ini merupakan jenis karnivora, maka dari itu ikan ini bisa diberi makan dalam bentuk pakan hidup seperti ikan kecil, serangga, dan udang kecil. Pakan yang benar-benar disarankan untuk ikan ini adalah anak ikan lele yang masih kecil-kecil bila dibandingkan dengan ikan keci-kecil lainnya. Tetapi tidak ada salahnya memberi pakan yang beragam, agar ikan tidak bosan dengan pakan yang itu itu saja.

Budidaya Ikan Aligator (Pengembangbiakan)
Jika kalian ingin membudidayakan ikan ini, kalian bisa melakukannya di dalam akuarium atau kolam dengan suhu berkisar 25 – 28 derajat celcius. Kalian bisa menaruh 2 jantan dan 1 betina. Ketika pembuahan sudah berlangsung. maka telur – telur akan bersebaran di permukaan  air serta akan terbenam di dasar air. Ikan ini bisa bertelur hingga 1100 butir.
Jika kalian masih binggung cara membedakan antara jantan dan betina, seperti inilah cara membedakan ikan jantan dan betina:
Jantan: Ukuran badan lebih kecil dari betina, sirip anal terlihat berjumbai.
Betina: Ukuran badan lebih besar dari jantan, sirip anal rata.
Apabila burayak telah mulai bermunculan sebaiknya beri mereka makan dengan kutu air, artemia, atau ikan-ikan kecil sesuai dengan ukuran mulut burayak tersebut.

Harga Ikan Aligator
Di pasar Indonesia, ikan ini dijual dengan harga sekitar 15 ribu sampai 20 ribu rupiah untuk ukuran 10 sampai 20 cm. Untuk ukuran 20 cm – 30 cm, ikan ini dijual dengan harga sekitar 20 ribu hingga 45 ribu rupiah.

Baca juga: Datz Borneo, Predator Belang dari Kalimantan

Demikian tadi sedikit informasi mengenai Ikan Aligator, Ikan Predator yang Mirip Buaya. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi kalian. Terima kasih.

Previous post

Mengenal Boraras Maculantus, Ikan Hias Air Tawar yang Cocok untuk Aquascape

Next post

This is the most recent story.

Komentar Anda