Air LautIkan Predator

Ikan Anglerfish, Si Monster Laut dari Kedalaman



duniaair.com – Ikan Anglerfish (monkfish, goosefish) merupakan salah satu jenis ikan predator yang hidup di kedalaman ratusan meter didasar laut. Ikan yang mempunyai nama lain Lophiiformes atau dalam bahasa indonesia ikan sungut ganda termasuk ikan petualang sejati.

Ikan ini dinamai anglerfish atau ikan pemancing karena mereka mempunyai cara menangkap mangsa buruannya dengan cara yang unik yakni, dengan memakai bagian badan yang menonjol keluar dari kepala yang mirip seperti kail pancing atau antena. Yang lebih unik, bagian tersebut mengeluarkan cahaya sinar yang berasal dari jutaan bakteri yang melekat.

Baca juga : Redtail Catfish, Lele Berekor Merah Dari Amazon

Karakteristik Ikan Anglerfish

Ikan Anglerfish mempunyai bentuk mulut yang besar dan siap untuk menerkam segala mangsa yang ada dihadapannya. Ikan ini juga mempunyai bentuk rahang yang bergigi panjang dan berarah sehingga sangat mudah memasukkan mangsa langsung kedalam perutnya.

Monster laut ini mempunyai reaksi yang cepat apabila ada mangsa yang ada didepannya dan mampu memangsa buruan yang lebih besar dari ukuran tubuhnya.

Habitat Ikan Anglerfish

Ikan ini dapat kita temukan di kedalaman 3.300 sampai 6.600 kaki dibawah laut dan pajang ikan ini dapat mencapai hingga 2 kaki. Daerah penyebaran ikan ini dapat ditemui di Samudra Arktik, Pasifik, Hindia, Atlantik dan Laut Mediterania.

Berikut video penampakan langsung dari monster laut berikut :

Bagaimana apakah ingin melihat langsung bentuk dari ikan ini ?

 

Previous post

Mengenal Ikan Rainbow Boesemani, Pelangi Penghias Akuarium

Next post

Cara Membersihkan Aquarium yang Buram dan Kotor

Komentar Anda