Air TawarIkan Hias

Ikan Ekor Pedang, Si Tangguh dan Mudah Di Ternak



duniaair.com – Ikan Ekor Pedang atau Swordtail Fish merupakan salah satu jenis ikan yang populer bagi para pecinta ikan hias. Selain mempunyai bentuk yang unik dan memiliki bermacam” jenis, ikan ekor pedang ini termasuk ikan yang tangguh dan tahan dari segala penyakit ini juga mudah untuk diternak.

Yang menjadi daya tarik dan keunikan ikan ini yakni pada ikan jantan terdapat sirip belakang yang panjang menyerupai pedang. Sedangkan betinanya mempunyai bentuk yang lebih bulat daripada ikan jantan.

Perbedaan Ikan Ekor Pedang Jantan dan Betina

Perbedaan Ikan Ekor Pedang Jantan dan Betina

Baca juga : Manfish, Malaikat Air yang Penuh Pesona

Ikan Ekor Pedang berasal dari perairan sungai di sekitar Meksiko Selatan bahkan ditemukan juga hingga di perairan Guatemala, Amerika Tengah. Ikan yang mempunyai nama latin Xiphophorus Helleri ini masuk ke dalam keluarga Poecillidae. Varietas Ikan Ekor Pedang yang paling sering dijumpai yakni Red Wag, Red Velvet, Neon Swordtail, dll.

Beberapa Varian Ikan Ekor Pedang

Red Velvet Swordtail Fish

Red Velvet Swordtail Fish

Red Velvet Swordtail Fish

Neon Swordtail Fish

Neon Swordtail Fish

Neon Swordtail Fish

Green Swordtail Fish

Green Swordtail Fish

Green Swordtail Fish

Kohaku Swordtail Fish

Kohaku Swordtail Fish

Kohaku Swordtail Fish

Memelihara Swordtail Fish membutuhkan akuarium yang cukup besar, karena ikan ini masuk kedalam type ikan perenang aktif supaya dapat banyak ruang untuk berenang. Ikan ekor pedang termasuk ikan yang dapat dicampur dengan ikan jenis lain, tetapi terkadang ikan pedang jantan menunjukkan agresi teritorial terhadap ikan pedang jantan lainnya.

Ikan Ekor Pedang dapat hidup disuhu air sekitar 18 – 27 derajat celcius dengan tingkat keasaman air pada kisahan 6,8 – 7,8. Swordtail fish juga mempunyai keunikan lain, yakni ikan ini juga dapat hidup di air payau.

Baca juga : Mengenal Jenis Ikan Cupang, Sang Petarung yang Eksotik

Ikan Ekor Pedang termasuk ikan omnivora, ikan ini menyukai alga atau serangga kecil air. Selain itu bisa juga diberi pellet ikan yang dijual ditoko-toko ikan. Usahakan memilih pellet yang sesuai dengan bentuk mulutnya yang kecil.

Demikian artikel mengenai ikan ekor pedang. Apakah anda berniat memelihara ikan ini?

 

Previous post

Ikan Pemakan Lumut Untuk Aquascape

Next post

Ikan Kerapu, Groper Fish yang Menjanjikan

Komentar Anda