Air Laut

Ikan Kerapu, Groper Fish yang Menjanjikan



duniaair.com – Ikan Kerapu atau groper fish merupakan ikan memiliki nilai ekonomis yang tinggi karena mempunyai kandungan gizi yang banyak. Ikan yang hidup diantara bebatuan dan karang laut ini juga dikenal mempunyai beberapa jenis yang tersebar diseluruh dunia.

Ikan Kerapu termasuk dalam ikan karnivora, tetapi tidak begitu aktif dalam memburu mangsa makanannya. Ikan ini sering kita temui sedang bersembunyi diantara karang-karang laut atau gua-gua kecil didalam laut. Di habitat aslinya ikan ini mampu mencapai ukuran lebih dari 2 meter, bahkan pernah ditemukan hampir mencapai 3 meter.

Baca juga : Ikan Patin, Jenis dan Manfaatnya

Ikan kerapu terkenal mempunyai keahlian dalam berkamuflase di sekitar lingkunganya, hal ini bertujuan untuk mengelabui mangsanya. Ciri khas ikan ini mempunyai bintik bintik pada tubuhnya dan mempunyai duri pada siripnya.

Jenis Ikan Kerapu yang sering kita temukan

Kerapu Tikus / Bebek (Chromileptes altivelis)

Ikan Kerapu Tikus

Kerapu Tikus

Kerapu Macan (Epinephelus fuscoguttatus)

Kerapu Macan

Kerapu Macan

Kerapu Lumpur (Epinephelus bleekeri )

Kerapu Lumpur

Kerapu Lumpur

Kerapu Batik (Epinephelus polyphakeion syn. E. microdon)

Ikan Kerapu Batik

Kerapu Batik

Ikan kerapu terkenal sangat bagus untuk dikonsumsi karena mempunyai kandungan omega 3 yang banyak, selain itu juga terdapat vitamin B kompleks, selenium, taurin, dan asam amino. Tak heran kalau banyak nelayan di Indonesia yang mulai mengembangbiakkan ikan ini.

Ikan Kerapu tersebar diseluruh perairan di Indonesia, habitat utamanya disektar karang dan gua didasar laut. Ketika berukuran kecil ikan ini dapat dijumpai di kedalaman 1 – 3 meter dan ketika dewasa ikan ini mampu hidup di kedalaman 10 – 40 meter. Makanan ikan kerapu ini adalah ikan-ikan yang berada di sekitar karang-karang laut.

Baca Juga : Budidaya Ikan Nila

Berikut adalah artikel mengenai ikan kerapu yang mempunyai nilai ekonomi yang tinggi, apakah dari anda pernah merasakan daging ikan ini?

Previous post

Ikan Ekor Pedang, Si Tangguh dan Mudah Di Ternak

Next post

Cara Menanam Tanaman Air di Akuarium ( Part 2 )

Komentar Anda