Air TawarIkan Hias

Ikan Koi dan Jenisnya



duniaair.com – Ikan koi dalam bahasa latin adalah Cyprinus carpio. Ikan ini pertama dibudidayakan di negara Jepang oleh para petani di Niigata bertahun – tahun yang lalu karena membutuhkan sumber protein selama musim dingin yang berkepanjangan. Para petani tersebut memelihara ikan kaper di dalam kolam sampai mencapai ukuran tertentu. Dan pada akhirnya para petani menyadari ada beberapa ikan yang memiliki warna yang berbeda, sehingga meraka terus memelihara dan memebesarkannya. Dari Negara Jepang inilah popularitas ikan hias air tawar ini menyebar ke berbagai belahan dunia termasuk Indonesia.

Ikan koi masuk ke Indonesia pada tahun 1962 oleh pengeran Akihito, pangeran Akihito berkunjung ke daerah bogor dan melihat ikan mas Indonesia dari ras kumpay. Setelah itu Akihito mempunyai keinginan untuk menyilangkan ikan mas Indonesia dengan ikan karper jepang. Pada tahun 1980 Indonesia mulai mengirimkan beberapa ikan emas ras kumpay ke Negara jepang. Alhasil, pada tahun 1991 jepang berhasil membawa lima macam ikan koi silangan ke negara Indonesia.

Seiring berkembangnya budidaya ikan koi, Jenis ikan koi mengalami pertumbuhan dan dan perkembangan jenis. Jenis ikan koi didasarkan pada warna, sisik, dan lain – lain. Berikut jenis -jenis ikan koi yang populer di Indonesia :

  1. Kohaku
    Koi kohaku  adalah jenis ikan koi yang memiliki corak berwarna merah dengan warna putih sebagai dasarnya.

    Koi Kohaku

    Koi Kohaku

  2. Tasho Sanshoku (Sanke)
    Koi Tasho Sanshoku atau biasa disebut koi Sanke ini memiliki corak seperti kohaku tetapi sanke memiliki pola hitam di punggungnya. Pola hitam itu disebut Sumi. Sanke merupakan persilangangan Kohaku dengan Shiro Bekko.

    koi sanke

    koi sanke

  3. Showa Shansoku (Showa)
    Showa merupakan Koi dengan warna Putih, Hitam dan Merah. Showa biasanya merupakan hasil persilangan antara Kohaku dan Shiro Utsuri.

    koi showa

    koi showa

  4. Bekko
    Koi Bekko merupakan koi dengan warna dasar putih, kuning, ataupum merah dengan bintik hitam.

    koi bekko

    koi bekko

  5. Utsuri
    Koi utsuri memiliki warna dasar hitam dan bercorak satu warna.

    koi utsuri

    koi utsuri

  6. Kinginrin
    Koi kingirin memiliki warna perak dan warna hitam berselimutkan warna emas dibadannya.

    koi kinginrin

    koi kinginrin

  7. Hikari
    Koi hikari adalah koi silver yang berwarna tunggal, koi ini jarang ditemukan dan bisa dibilang sangat langka.

    koi hikari

    koi hikari

Daya tarik ikan koi terdapat pada warna warni pada tubuhnya bila dilihat dari permukaan air. Sebab itulah mengapa ikan koi cocok dipelihara di kolam yang besar dan tidak di aquarium.

Previous post

Mengenal Jenis Ikan Cupang, Sang Petarung yang Eksotik

Next post

Ikan Patin, Jenis dan Manfaatnya

Komentar Anda