AquascapeIkan Hias

Mengenal Ikan Rainbow Boesemani, Pelangi Penghias Akuarium



duniaair.com – Ikan rainbow boesemani merupakan salah satu ikan hias air tawar yang memiliki warna yang cemerlang. Ikan yang berasal dari Thailand ini merupakan jenis ikan omnivora atau ikan pemakan segala. Pada habitat aslinya ikan ini biasa hidup pada pH 7-8 dengan suhu air 22-25 derajar celcius. Ikan rainbow boesemani dewasa dapat hidup hingga mencapai panjang 10 cm.

Perbedaan Jantan dan Betina

ikan rainbow boesemani jnatan betina

ikan rainbow boesemani jantan betina

Ikan rainbow boesemani jantan mempunyai ciri khusus yakni memiliki warna kepala ungu yang memudar menjadi posterior orange dan kuning. Berbeda dengan ikan jantan, ikan betina tidak mempunyai warna se-indah ikan jantan tetapi warna perak yang dimiliki ikan betina memiliki keindahan tersendiri. Warna ikan rainbow ini semakin indah jika dimasukkan kedalam akuarium  aquascape yang mempunyai latar belakang tanaman hias atau bisa juga dimasukkan di akuarium hardscape.

Baca juga : Ikan Ekor Pedang, Si Tangguh dan Mudah Di Ternak

Karakteristik Ikan Rainbow Boesemani

Ikan rainbow jenis ini juga mempunyai keistimewaan lain dibandingkan dengan ikan rainbow jenis lain, yakni mempunyai mata yang besar dan sirip dorsal ganda. Seperti anggota keluarga Melanotaeniidae yang lain, Ikan rainbow boesemani juga menawarkan karakteristik warna hitam keperak-perakan pada sisik yang berbentuk latl dari insang ke ekor.

Ikan rainbow boesemani termasuk ikan damai dan merupakan ikan yang memyukai akuarium besar dengan mempunyai banya ruang untuk berenang. Penggunaan warna substrate gelap seperti kerikil atau pasir malang dapat membantu warna ikan ini semakin terang. Untuk memelihara 7 ekor ikan rainbow boesemani dewasa kira-kira membutuhkan akuarium dengan ukuran panjang 120cm.

Baca juga : Neon Tetra, Si Biru Merah Penghias Aquascape

Walau ikan ini mempunyai bentuk mulut yang lumayan besar, tetapi bentuk leher mereka cenderung lebih kecil sehingga untuk faktor pemberian makan ikan ini termasuk sedikit. Karena ikan rainbow boesemani termasuk ikan omnivora maka harus diberi makanan diet campuran seperti cacing beku, pelet atau makan hidup jenis lainnya.

ikan rainbow boesemani akuarium

Berikut penjelasan singkat mengenai jenis ikan Rainbow Boesemani, bagaimana apakah tertarik untuk memelihara ikan jenis ini diakuarium?

Previous post

Bagaimana Cara Memangkas dan Menjaga Tanaman Pada Aquascape ?

Next post

Ikan Anglerfish, Si Monster Laut dari Kedalaman

Komentar Anda