Aquascape

Jenis, Perbedaan dan Aturan Pemakaian Pupuk Dalam Aquascape



duniaair.com – Pupuk merupakan salah satu elemen penting untuk aquascape,terutama bagi yang menginginkan tanaman tampak lebih hijau dan lebat. Karena pupuk adalah makanan yang tepat untuk tanaman air yang hidup di dalam aquascape. Ada 3 jenis pupuk dalam aquascape berdasarkan waktu dan cara pemakainnya, yaitu Pupuk Dasar, Pupuk Tancap dan Pupuk Cair. Sedangkan berdasarkan kandungannya, pupuk dibagi menjadi 2 jenis yaitu Pupuk Makro dan Pupuk Mikro.

Jenis Pupuk Untuk Aquascape Berdasarkan Waktu dan Cara Pemakaian

1. Pupuk Dasar

Pupuk dasar merupakan pupuk yang cara pemakaiannya di awal setup ketika akuarium belum diisi apapun, pupuk ini pada umumnya tampak seperti pupuk NPK atau pupuk kandang untuk tanaman darat. Berupa tanah ataupun campuran tanah dengan unsur-unsur lain. ada 2 cara dalam pemakaian pupuk dasar, pertama pupuk bisa dicampurkan langsung dengan susbtrate misalnya pasir malang, kemudian pupuk diaduk dengan komposisi perbandingan 4 untuk substrate dan 1 untuk pupuk atau dengan perbandingan 3 : 1. Hasil campuan tersebut bisa langsung dimasukan ke dalam akaurium. Cara kedua, pupuk ditaburkan langsung di atas akuarium.

Pupuk Dasar

Pupuk Dasar

Buat penghobi aquascape yang akan membuat aquascape dengan menggunakan tanaman tancap sebaiknya menggunakan pupuk dasar sebagai pemberi nutrisi pada tanaman yang diserap melalui akar agar tanaman tumbur subur dan sehat.

Baca Juga : Neon Tetra, Si Biru Merah Penghias Aquascape

2. Pupuk Tancap

Pupuk tancap adalah Pupuk yang pemakaiannya dengan cara ditancapkan pada area sekitar tanaman, artinya pupuk ini dipakai ketika ekosistem Aquascape sudah terbentuk. Berbeda dengan pupuk jenis lainnya, pupuk ini berbentuk padatan bulat memanjang atau berbentuk seperti tablet. Pemberian pupuk tancap ini bersifat opsional.

Pupuk Tancap

Pupuk Tancap

Pupuk diberikan jika dirasa pertumbuhan tanaman lambat, pupuk ini kadang disebut pupuk booster, yaitu pupuk untuk mendorong tumbuh kembang tanaman itu sendiri, artinya tanpa pupuk ini pun tanaman Anda akan tetap tumbuh. Ada banyak jenis pupuk tancap berdasarkan mereknya, namun secara umum prinsip kerjanya sama saja.

Baca Juga : Lima Jenis Tanaman Karpet Terbaik Untuk Aquascape

3. Pupuk Cair

Pupuk cair merupakan pupuk dalam bentuk cair yang pemakaiannya dilakukan secara berkala. Pupuk cair masuk dalam komponen perawatan karena kita disarankan menggunakan pupuk ini secara berkala yakni 4 hari sekali atau seminggu sekali untuk mendapat hasil yang optimal. Cara penggunaannya cukup mudah yaitu dengan mencampurkannya langsung ke dalam akuarium.

Pupuk Cair

Pupuk Cair

Pupuk Cair dibagi ke dalam 2 jenis berdasarkan kandungannya, yaitu pupuk cair makro dan pupuk cair mikro. Pupuk cair makro mengandung unsur-unsur utama yang dibutuhkan oleh tanaman yaitu Nitrogen, Phospat, Kalium, Kalsium, Magnesium, dan Sulfur sedangkan Pupuk cair mikro mengandung unsur-unsur pelengkap yang dibutuhkan oleh tanaman yaitu Besi, Mangan, Boron, Molibdenum, Tembaga/cuprum, Seng, Cobalt, Natrium, Silikon, Nikel dan Klor.

Penggunaan pupuk tidak akan banyak berpengaruh terhadap ikan yang dipelihara dalam Aquascape terutama pupuk yang disebutkan diatas karena pupuk tersebut sudah di desain khusus untuk Aquascape sehingga aman untuk dipergunakan.

 

Previous post

Neon Tetra, Si Biru Merah Penghias Aquascape

Next post

Palmas, Ikan Naga dari Benua Afrika

Komentar Anda