Ikan Hias

Mengenal Ikan Guppy Mozaik



Para pecinta ikan hias pasti sudah tahu ikan guppy. Ikan guppy ini banyak sekali jenis-jenisnya. Kali ini dunia air akan memberikan informasi tentang salah satu jenis ikan guppy, yaitu guppy mozaik.

Ada banyak penjelasan tentang ikan guppy, dimana disebutkan ikan guppy mozaik. Seperti yang kita tahu, ikan guppy itu sangat beragam, dan tidak ada catatan pasti seperti penjelasan tentang jenis-jenis anjing atau kucing misalnya. Seiring berjalannya waktu, jenis jenis ikan guppy terus berkembang dengan warna-warna baru dan strain-strain baru namun tidak ada catatan yang benar-benar pasti.

Sejarah Ikan Guppy Mozaik

Ikan guppy mosaik sendiri berasal dari negara Jepang, tentu yang memberi nama mosaik itu sendiri adalah orang-orang Jepang. Ikan guppy ini diyakini diimport dari negara Jerman ke negara Jepang. Ikan guppy mosaik ini merupakan hasil perkawinan silang antara ikan guppy jenis Tuxido dengan ikan guppy liar.

Nama Nama Lain Ikan Guppy Mozaik

Ternyata tidak semua negara menggunakan nama mosaik untuk ikan guppy ini. Di Negara Korea misalnya, ikan guppy mosaik disebut dengan ikan guppy Cobra. Sedangkan di Amerika Serikat guppy mosaik disebut dengan Snake skin ( kulit ular ). Untuk Negara Negara Asia Timur sering menyebutnya dengan Dragon.

Ciri Ciri Ikan Guppy Mozaik

Ciri-ciri ikan guppy betina dari jenis mosaik biasanya memiliki pola ekor yang mirip dengan ikan guppy jenis Grass. Sedangkan untuk bentuk ekor guppy betina ini di bagian atas sedikit lebih panjang dibanding dengan bagian bawah.

Ciri-ciri ikan guppy jantan dari jenis mosaik ini ekor dan sirip dorsalnya memiliki pola titik-titik yang terhubung dan pola tersebut lebih lebar, dimana pola ini dihubungkan atau bergabung dengan warna biru.

Berikut ini adalah beberapa jenis ikan guppy mozaik:

1. Lazuli Mozaik

2. Red Mozaik

3. Old Fashion Mozaik
Old Fashion Mozaik merupakan strain lama dari jenis ikan guppy mozaik dan diyakini berasal dari Jerman Timur. Ciri-ciri Old Fashion Mozaik ini memiliki warna logam atau perak pada tubuh, ekor, maupun punggungnya. Warna sempurnanya akan muncul ketika menginjak usia 5 bulan. Old Fashion Mosaik dipercaya memiliki masa hidup lebih lama dibanding ikan guppy jenis lain.

Berikut ini gambar beberapa jenis ikan guppy Old Fashion Mosaik:

– RREA Old Fashion Ivory Mosaik

– Old Fashion Red Mosaik

– Old Fashion Red Mosaik Betina

– Old Fashion Red Mosaik Ribbon

 

– Old Fashion Blue Mosaik

4. Tuxedo Mosaik

– Tuxedo Red Mosaik

 

5. Blue Mosaik

 

6. RREA Platinum Red Mosaik

Itulah tadi sedikit informasi tentang ikan guppy jenis mozaik. Semoga bermanfaat!

Previous post

Ini Dia Ikan Cupang Laut yang Indah

Next post

Cara Budidaya Ikan Lele, Dua Bulan Panen

Komentar Anda