Ikan Hias

Mengenal Ikan Mas Koki Common



Para pecinta ikan hias pasti tahu dan kenal dengan ikan mas koki, salah satu jenis ikan hias yang mudah dipelihara. Ikan ini menjadi favorit untuk menghiasi akuarium dan aquascape. Umumnya dimanfaatkan untuk menghiasi ruangan agar tambah indah dan fresh.

Cara memelihara ikan mas koki sendiri sangat mudah dilakukan dan tidak perlu ada perawatan khusus. Hal ini berbeda dengan mas koki lionhead. Berbagai jenis ikan mas koki yang telah diperjual belikan tentunya akan dapat menarik perhatian penglihatan kita. Itu karena bentuknya yang bulat layaknya bola kecil dengan dihiasi aneka warna yang cantik. Tetapi, kali ini dunia air akan mengenalkan ikan mas koki common yang menarik hati.

Klasifikasi Ikan Mas Koki Common

1. Berasal dari negara Cina
2. Keturunan Cyprinidae
3. Nama ilmiah ikan mas koki common adalah Carrasius auratus
4. Hidup di air tawar
5. Suhu ideal antara 55-78 derajat fahrenheit (F)
6. Termasuk single tail
7. Ikan omnivora
8. Jenis makanan kesukaan ikan mas koki common antara lain, sayuran, buah-buahan, dan jenis pakan hidup.
9. Dapat tumbuh dewasa sekitar 12 inci atau lebih
10. Dapat bertahan hidup dari 10 hingga 15 tahun
11. Perawatan sangat mudah
12. Temperamen ramah dan sosial.

Ciri-Ciri Ikan Mas Koki Common

Ikan ini memiliki bermacam-macam warna, seperti jenis ikan mas koki lainnya. Harga ikan mas koki common ini murah sekali, karena memang warna tidak terlalu banyak begitu juga bentuknya. Oleh karena itu, ikan ini sangat bagus buat kalian yang ingin memulai memlihara ikan koki ini.

Ikan mas koki common dengan mas koki komet hampir mirip dan sulit untuk dibedakan. Hanya saja, kelebihannya mudah dipelihara saja, karena makanan apapun akan diterima.

Bentuk tubuhnya datar dan memanjang, bagian kepala pendek tapi melebar. Bentuk sirip ekor tegak bertepi dorsal dan sedikit cekung. Bisa dikatakan ikan ini merupakan jenis mas koki yang seksi, karena dari kepala sejajar mengecil sampai ke pangkal ekor.

Kelebihan Ikan Mas Koki Common

Bisa dikatakan, ikan ini adalah induk dari ikan mas koki. Itu karena adanya jenis ikan mas koki yang bermunculan merupakan terjadinya perkawinan silang yang dimulai dari ikan mas koki common dengan lainnya. Sehingga mas koki common terkenal sebagai pencetak rekor untuk kemunculan jenis ikan mas koki yang harganya mahal.

Kelebihan lainnya adalah mas koki common ini ternyata memiliki daya tahan tubuh yang kuat. Sehingga mampu bertahan hidup hingga 15 tahun perawatan standar.

Mudahnya Memelihara Ikan Mas Koki Common

Dalam merawat ikan mas koki yang penting adalah dapat menyiapkan tempat yang lengkap beserta hiasan akuariumnya. Jenis makanan diberikan kebanyak akan di lahap walaupun suhu airnya kurang cocok. Maka tak heran jika rata rata para aquarist lebih memilih mas koki common sebagai tenaga tinju ikan mereka.

Apalagi tempat yang kalian sediakan dapat lebih luas lagi, dapat dipastikan akan tumbuh dapat mencapai 12 inci walaupun bersama ikan koi dalam satu akuarium atau aquascape.

Ikan Lain yang Cocok dengan Ikan Mas Koki Common dalam Satu Akuarium

Jika kalian mau mencampurkan mas koki common dalam satu akuarium dengan jenis ikan hias lainnya, maka harus jeli dan hati-hati. Pertama-tama pilihlah jenis ikan yang masih satu varietas dengannya, misalnya seperti ikan komet, ikan mas, dan mas Shubunkin.

Baca juga : Aneka Ragam Ikan Hias Air Tawar

Jika kalian salah dalam memilih saja, akibatnya mas koki common atau yang lain akan timbul stress. Sebaiknya cari dari jenis twin-ekor, contohnya Orando, back moor, ikan mas gelembung eye, atau Fantail.

Demikian tadi penjelasan tentang Mengenal Ikan Mas Koki Common yang mudah didapat di toko-toko ikan hias, dan juga mudah perawatannya. Semoga bermanfaat!

Previous post

Cara Memelihara Ikan Lemon Biru

Next post

Jenis Jenis Udang Hias Air Tawar yang Cocok Untuk Aquascape

Komentar Anda