Ikan Hias

Mengenal Ikan Oskar



Mengenal Ikan Oskar | Ikan oskar merupakan ikan hias air tawar yang banyak digemari oleh pecinta ikan baik luar negri maupun dalam negri. Selain penampilannya yang cantik dan menarik, ikan ini juga mudah dipelihara. Ikan oskar merupakan ikan yang berasal dari daerah Amerika Selatan. Ikan ini memiliki bentuk yang hampir sama dengan ikan gurame, gerakannya lambat dan tenang, tetapi ikan oskar memiliki gabungan warna yang menarik. Oskar memiliki warna dasar coklat tua atau coklat muda serta agak kekuning-kuningan bercampur merah tua. Di bagian pangkal ekornya memiliki warna merah tua yang menutupi sepertiga tubuhnya dan terlihat seperti lukisan. Maka dari itu ikan oskar ini terlihat indah dan anggun.

Selain itu, ada type oskar yang unik, yaitu oskar albino. Seperti namanya, oskar albino ini memiliki warna krem pucat seperti pasien albino serta mempunyai bercak-bercak merah oranye di tubuhnya. Untuk bentuk badan dan sifatnya sama dengan oskar yang lain, hanya warnanya saja yang membedakan.

Ikan oskar memiliki intelegensia yang cukup cerdas. Dia akan berenang menuju ke pinggir akuarium apabila pemiliknya memberikan sinyal dengan tangan. Selain itu, ikan ini memiliki sifat setia dengan pasangannya serta suka bergerombol. Karena memiliki sifat sosial, jadi dalam satu akuarium bisa dimasukan 6 sampai 8 ekor. Dan ukuran akuarium yang digunakan harus memiliki ukuran yang besar minimal 60 X 40 X 40 cm. Ikan oskar merupakan ikan yang rakus, oleh karena itu akuarium akan cepat kotor karena kotoran yang dikeluarkan juga banyak. Jika akuariumnya besar tidak perlu terlalu sering menguras airnya.

Tips Memelihara Ikan Oskar

Di habitat aslinya ikan oskar hidup secara bergerombol di air yang tenang, terlindung, serta dalam. Ikan ini suka di sungai sungai yang memiliki dasar pasir batu, air yang jernih, serta disekelilingnya terdapat akar-akar pohon atau batang pohon yang roboh dan tenggelam di sungai. Ikan ini menyebar di daerah Amerika Selatan seperti Amazon, Venezuela, Guyana, Chili, Argentina, dan Paraguay. Bila ingin memelihara oskar, temperatur air yang diperlukan adalah 72-82 derajat Farenheit. Sedangkan untuk penetasan telurnya memerlukan suhu 78 derajat Farenheit.  Oskar suka berada dalam air yang jernih dan mengalir tanpa ditutupi oleh tanaman. Oleh karena itu bila ingin memelihara ikan ini harus memperhatikan aspek oksigen serta suhu air supaya ikan tetap sehat. Sebaiknya untuk memelihara ikan ini pada akuarium atau bak semen supaya mudah untuk menjaga aspek oksigen maupun suhu air. Oskar merupakan type ikan karnivora atau pemangsa. Oleh karena itu tidak disarankan dipelihara dengan ikan type lain dalam satu akuarium atau bak. Itu karena oskar akan memangsanya.

Untuk pakan sebaiknya diberi pakan hidup seperti udang atau ikan-ikan kecil. Menurut pengalaman beberapa peternak, apabila oskar diberi pakan hidup seperti udang hidup dan ikan-ikan kecil, warna sisiknya akan menjadi jelas terlebih warna merahnya.

Oskar Jantan dan Oskar Betina

Pemilihan oskar jantan dan oskar betina untuk beberapa peternak ikan hias yang belum berpengalaman memang masalah yang sedikit susah. Bagi peternak lamapun terkadang masih dapat meleset dalam memastikan jenis kelamin ikan ini terutama pada oskar yang masih muda. Jika kalian sudah mengetahui rahasianya tidak terlalu susah untuk mengetahui jenis kelamin ikan ini. Pedomannya, ikan jantan bisa diketahui dari siripnya yang semakin besar atau agak lebar. Sedangkan pada betina, siripnya memiliki bentuk membundar. Dalam soal warna, oskar jantan cenderung memiliki warna yang jelas.

Baca juga: Mengenal Jenis Ikan Cupang, Sang Petarung yang Eksotik

Untuk bisa memastikan jenis kelamin jantan dan betina, kalian bisa menggunakan serokan untuk menyerok ikan ini. Kemudian pegang badannya erat-erat dari bagian belakang kepala, lalu dipijit hingga sampai dekat anus atau dubur ikan. Jangan terlalu keras dalam memijat! Bila tampak genital papilea atau alat kelaminnya kerluar serta memiliki bentuk meruncing, bisa dipastikan dia berkelamin jantan. Sedangkan pada oskar betina alat kelaminnya agak pendek dan memiliki bentuk tumpul.

Demikian tadi mengenal ikan oskar. Semoga bermanfaat!

Previous post

Si Pemalu Royal Clown Loach

Next post

Yellow Tang, Ikan Hias Air Laut yang Menawan

Komentar Anda