Air TawarIkan Predator

Mengenal Ikan Peacock Bass (Cichla)



duniaair.com – Bagi para pecinta ikan galak (buas) tentunya tidak asing dengan jenis ikan ini. Ikan Peacock Bass (Cichla) masuk dalam sejenis ikan cichlid yang mempunyai ukuran besar. Dihabitat aslinya sungai dan danau di sekitar Amerika Selatan, ikan ini hidup secara berkelompok dalam jumlah yang lumayan banyak.

Peacock Bass atau PBass berkembang biak dengan cara bertelur, ikan ini memilih sarang yang mempunyai dasaran yang luas dan lunak guna menempatkan telur-telurnya seperti ditempat yang berpasir atau berlumpur. PBass termasuk ikan yang merawat anaknya dengan baik, mereka akan meninggalkan anak-anaknya hingga cukup besar dan mampu untuk mencari makanan sendiri.

Perbedaan jenis kelamin ikan ini antara jantan dan betina terletak pada benjolan didahi atasnya. Cichla jantan maupun betina mempunyai corak dan warna yang hampir sama indahnya.

Baca juga : Green Terror, Si Cichlid Yang Suka Meneror dan Penuh Warna

Untuk sekarang ini hampir semua jenis pbass sudah berhasil diternakkan dan dijadikan salah satu ikan hias bernilai tinggi. Secara umum, cara pemeliharaan ikan ini termasuk mudah, hanya saja saat masih berukuran kecil ikan ini sedikit rentan dengan penyakit. Sehingga perlu ditambahkan heater untuk menjaga suhu air serta diberi garam air secukupnya untuk menjaga kadar garam air.

Karena Tergolong ikan karnivora, makanan ikan ini termasuk gampang. Pada saat masih ukuran kecil bisa diberikan udang-udangan atau cacing sutera, setelah dewasa bisa diberi makan ikan mas berukuran kecil.

Beberapa jenis ikan peacock bass yang sering kita jumpai di Indonesia

Peacock Bass Monoculus

peacock bass monoculus

Peacock Bass Orinoco

peacock bass orinoco

Peacock Bass Temensis

peacock bass temensis

Peacock Bass Azul atau Piquitti

peacock bass azul

Peacock Bass Kelberi

peacock bass kelberi

Previous post

Faktor Penyebab Aquascape Gagal

Next post

Apasih Konsep Iwagumi Pada Aquascape ?

Komentar Anda