Ikan Hias

Si Pemalu Royal Clown Loach



Royal Clown Loach adalah ikan nokturnal yang pemalu dan benar benar aktif pada malam hari saja serta kalau mau makan. Ikan ini lebih suka bersembuyi di akar-akaran maupun bebatuan. Kalau kalian ingin memelihara ikan ini butuh akuarium yang besar dan jangan lupa untuk menyediakan batu-batuan, kayu, dan akar-akaran. Ikan Royal Clown Loach ini ikan yang pemalu tetapi meyukai tempat yang memiliki pencahayaan terang. Ikan ini lebih suka di bawah akuarium. Setiap satu minggu sekali kalian harus menguras minimal 10 persen air, dan diganti dengan air yang bersih. Substrak yang dipakai yakni pasir halus dan kerikil.

Ikan ini merupakan jenis karnivora, maka dari itu dibutuhkan pakan hidup terbaik seperti cacing darah atau ikan kecil. Tetapi pakan beku dan pelet juga bisa dia makan.

Kebanyakan ikan karnivora adalah agresif. Tetapi berbeda dengan Royal Clown Loach ini. Ikan ini memakan ikan kecil-kecil sebagai makanan alaminya, tetapi dia tidak agresif. Ikan ini bisa dipelihara bersandingan dengan ikan lain dari species mereka sendiri atau ikan besar sepecies lain yang sama besar dan tidak agresif. Tetapi perlu diperhatikan bahwa ikan ini memakan ikan lainnya yang muat dalam mulutnya.

Ikan hias yang satu ini memang sangat menarik karena warnanya dan gerakan berenangnya pada akuarium besar. Di tubuhnya mempunyai warna hijau muda atau cokelat agak abu-abu dengan sinar keemasan. Ada juga garis kehitaman berbentuk vertikal serta bercak hitam tidak beratur di badannya. Sedangkan kepalanya memiliki warna kelabu dengan segi berwarna cokelat kekuning-kuningan. Royal Clown Loach mempunyai badan dengan bentuk memanjang dengan tiga buah sungut kecil pada mulutnya. Ikan ini masih mempunyai hubungan kerabat dengan ikan botia macan maupun botia badut yang ada di Indonesia. Akan tetapi ikan ini mempunyai ukuran yang semakin besar dan masih kalah populer dengan ikan botia badut. Masih jarang sekali atau mungkin belum ada orang yang mengembangbiakan ikan ini di akuarium serta belum diternakan secara komersial.

Baca juga: Neon Tetra, Si Biru Merah Penghias Aquascape

Demikian tadi sedikit informasi mengenai ikan si pemalu Royal Clown Loach. Semoga bermanfaat!

Previous post

Cara Membuat Air Terjun di Dalam Akuarium Aquascape

Next post

Mengenal Ikan Oskar

Komentar Anda