Air Laut

Udang Mantis, Udang Laut yang Indah



Udang Mantis, Udang Laut yang Indah | Udang matis merupakan jenis krustasea laut. Di habitat aslinya, udang matis memilih tinggal di karang atau lubang lubang gua di bawah laut.

Diberi nama mantis itu karena udang ini terlihat seperti sedang berburu mangsa. Udang ini unik karena memiliki warna yang cerah dan indah, serta ciri ciri lainnya yang menyerupai serangga belalang sembah. Ada kurang lebih 400 spesies udang mantis yang tersebar di dunia. Seluruh spesiesnya hidup di subordo unipeltata.

Udang mantis termasuk hewan laut yang agresif, serta umumnya soliter menggunakan sebagian besar waktunya untuk bersembunyi di bebatuan atau menggali lorong lorong yang cukup rumit di dalam dasar laut. Mereka menunggu mansanya di dalam lubang tersebut layaknya krustasea pada umunya. Sasaran mereka adalah memburu dan membunuh mangsa yang lebih kecil. Mereka jarang meninggalkan rumah mereka. Jika mencari makan, biasanya mereka melakukannya pada malam hari, tetapi itu tergantung pada jenis spesiesnya. Sebagian besar, udang ini hidup di lautan tropis serta subtropis yaitu samudra hindia dan samudra pasifik bagian afrika timur serta hawai.

Ada dua jenis kelompok udang mantis, yaitu spearers dan smashers. Spearers, biasanya menggunakan cakar cakar mereka layaknya tombak untuk diam diam menusuk mangsa dengan perlahan. Sedangkan smashers memiliki kemampuan yang menarik dalam menggunakan cakar cakarnya yang kuat. Kecepatan smashers dalam menggunakan cakarnya bisa menyerupai kecepatan peluru kaliber 22, serta dikenal dengan jempol splitter.

Banyak orang berpendapat bahwa kemampuan besar dari hewan hewan ini bisa memecahkan kaca akuarium. Biasanya smashers menggunakan kekuatan seperti itu untuk menyerang siput, moluska, kepiting, serta tiram batu. Smashers dapat mencengkeram mangsanya hingga cangkang mangsanya pecah.

Baca juga: Jenis Jenis Udang Hias Air Tawar yang Cocok Untuk Aquascape

Itu lah tadi pembahasan mengenai udang mantis, udang laut yang indah. Walaupun warnanya indah, tetapi udang ini sangat ganas ketika memburu mangsa.

Previous post

Jenis Jenis Ikan Arwana

Next post

Mengenal Boraras Maculantus, Ikan Hias Air Tawar yang Cocok untuk Aquascape

Komentar Anda