Air Laut

Yellow Tang, Ikan Hias Air Laut yang Menawan



Yellow Tang, Ikan Hias Air Laut yang Menawan | Yellow Tang adalah salah satu jenis ikan hias air laut yang sangat populer dipelihara dalam akuarium. Di habitat aslinya, di laut ikan ini bisa tumbuh sampai 8 inchi (20 cm). Namun bila dipelihara dalam akuarium dia akan tumbuh sekitar 2 – 4 inchi. Untuk umur, ikan ini bisa mencapai 30 tahun jika di laut lepas. Kalau dipelihara dalam akuarium besar, ikan ini bisa mencapai umur sekitar 20 tahun, itu tergantung bagaimana kita merawatnya.

Ukuran standar untuk memelihara ikan ini sekitar panjang 48 inchi, tinggi 21 inchi, dan lebar 13 inchi. Ikan ini biasanya dipelihara oleh penghobi ikan hias air laut yang sduah berpengalaman. Itu dikarenakan ikan ini butuh perawatan lebih. Misalnya saja, kita harus memperhatikan ukuran PH dan kandungan zat pada air lautnya. Seperti pada semua jenis ikan Tang, ikan jenis ini sangat rentang terhadap parasit. Parasit yang datang pada ikan ini biasanya disebabkan oleh suhu air yang turun drastis yang disebabkan oleh rusaknya alat pengatur suhu.

Mengenal Ikan Hias Air Laut Yellow Tang

Karakteristik Yellow Tang

Ikan ini memiliki karakter semi agresif, yang artinya mereka terkadang bisa disatukan dengan ikan yang lebih kecil seperti Chromis Damsels atau Clown Fish. Dibutuhkan akuarium yang cukup besar bila ingin memelihara ikan ini, karena itu bisa menghindari ikan dari stres, dan membuat ikan lebih leluasa bergerak.

Di Hawai, jika ingin memelihara ikan ini harus mendapatkan ijin terlebih dahulu. Itu karena ikan ini sangat penting untuk ekosistem laut, khususnya karang.

Pakan untuk Yellow Tang

Di habitat aslinya, ikan ini biasa memakan alga dan tanaman laut lainnya, bahkan di alam liar biasanya ikan ini akan menjadi pembersih cangkang kura-kura atau penyu, namun jika di dalam akuarium biasanya mengkonsumsi juga ikan kecil.

Baca juga: Ini Dia Ikan Cupang Laut yang Indah

Demikian tadi postingan artikel mengenai Yellow Tang, Ikan Hias Air Laut yang Menawan. Semoga bermanfaat bagi sahabat pecinta ikan! Terima kasih.

Previous post

Mengenal Ikan Oskar

Next post

10 Kelebihan Tanaman Buatan Artifisial untuk Akuarium

Komentar Anda