Aquascape

Bagaimana Cara Memangkas dan Menjaga Tanaman Pada Aquascape ?



duniaair.com – Pemangkasan tanaman pada aquascape diperlukan untuk menjaga kebersihan dan keindahan visual pada akuarium. Dalam kondisi yang tepat tanaman pada aquascape akan tumbuh dengan sangat cepat. Kecepatan pertumbuhan tergantung pada jenis tanaman. Tanaman batang akan tumbuh paling cepat, diikuti oleh tanaman foreground, tanaman pot dan kemudian jenis anubias sedangkan untuk moss cenderung lebih lambat. Sangat penting untuk memantau ukuran tanaman pada aquascape, bahaya ketika ukuran tanaman mencapai permukaan dan  menutup cahaya untuk tanaman lain di akuarium.

Cara Memangkas dan Menjaga Tanaman Pada Aquascape ?

1 Tanaman Batang ( Stem Plant )

Tanaman batang perlu dipangkas dan dipotong lebih sering daripada jenis tanaman lain di akuarium. Sebelum memangkas usahakan ide atau konsep apa yang akan anda terapkan agar nantinya tanaman batang sesuai dengan yang diharapkan.

Tanaman batang dipangkas kurang lebih 2 inci dari pucuk atas. Tergantung juga pada ketinggian akuarium dan bisa juga disesuaikan dengan konsep dan ide dari tema aquascape. Usahakan jangan memangkas lebih dari setengah dari batang yang ada.

Tanaman batang termasuk tanaman yang unik karena mereka sangat mudah diperbanyak. Bekas potongan dapat dimasukkan kira-kira 1 inci kedalam substrat, tanaman ini akan dengan cepat membentuk sistem akar dan mulai berkembang.

Sebelum nya ada baiknya ketika membeli tanaman batang (stem plant) dengan jumlah yang sedikit karena tanaman batang tumbuh sangat cepat dan bekas potongan dapat juga ditanam kembali dan akan menjadi ukuran batang yang besar

2. Tanaman pot

Tanaman pot seperti  amazon sword , crypts , hair grass, crinums dan red tiger lily  membutuhkan lebih sedikit pemeliharan karena pertumbuhan tanaman jenis ini lebih lambat daripada jenis tanaman batang (stem plant) dan sulit untuk menjaga ukuran yang diinginkan.

amazon sword

Tanaman Amazon Sword

Jika tanaman ini menjadi terlalu besar, daunnya dapat dengan mudah dipotong dari dasar akar dan dibuang dari akuarium. Proses yang sama harus dilakukan untuk daun yang telah menguning, karena dapat mencemari air akuarium dengan nitrat dan mempengaruhi kesehatan tanaman lain. Pemotongan langsung didaun dapat mempengaruhi kesuburan tanaman ini dan merusak keindahan dari tanaman. Disarankan untuk memilih tanaman pot sesuai dengan tempat nya karena bisa jadi dikemudian hari akan sulit untuk memangkas tanaman ini.

Baca juga : 6 Jenis Kayu Penghias Aquascape

3. Moss

cara memangkas moss

Moss dapat dipangkas dengan menggunakan gunting, untuk memangkas moss pun harus dengan hati-hati karena moss tumbuh dengan sangat lambat. Moss lebih cepat tumbuh dalam kondisi air dengan nitrat yang tinggi.

Hasil potongan moss dapat juga ditanam kembali atau dikaitkan pada eleman lain seperti kayu ataupun bebatuan hardscape. Jangan lupa gunakan benang untuk menempelkan pada hardscape, dan ketika moss sudah melekat sempurna barulah benang dapat dilepas dan dibuang.

Baca juga : Panduan Memilih Substrate Dalam Aquascape

4. Java Fern & Anubias

Java fern atau pakis air dan Anubias merupakan salah satu tanaman yang mudah untuk diperbanyak dengan cara memisahkan dari rimpangnya. Tanaman ini terlebih dahulu harus disingkirkan dari kayu atau batu pada akuarium. Untuk tanaman yang akarnya sudah kuat menempel harus dengan hati-hati karena dapat merusak tanaman dengan menarik akarnya.

memotong anubias

Cara Memotong Anubias

Cara untuk menyebarkan dan membagi tanaman ini dapat menggunakan pisau atau silet kemudian potong rimpang menjadi 2 atau 3 bagian tergantung dari ukuran tanaman. Setelah itu pasang kembali tanaman tersebut pada posisi yang diinginkan dengan menggunakan benang atau dapat juga menggunakan lem tanaman.

 

Previous post

Cara Menanam Tanaman Air di Akuarium ( Part 2 )

Next post

Mengenal Ikan Rainbow Boesemani, Pelangi Penghias Akuarium

Komentar Anda