Air Laut

Ini Dia Ikan Cupang Laut yang Indah



Cupang Laut | Para penggemar ikan hias pasti tahu ikan cupang yang terkenal sebagai ikan aduan. Ada beberapa jenis ikan cupang familiar seperti cupang serit, plakat hias, cupang giant, dan halfmoon.

Tapi ternyata ikan cupang tidak hanya ada di air tawar saja, di laut ada ikan cupang juga. Ikan cupang laut juga populer di pelihara di akuarium, tapi di Indonesia masih jarang pelihara apalagi membudidayakannya.

Baiklah, mari kita kenalan sama ikan laut hias yang indah ini! Ini dia ikan cupang laut yang indah!

Klasifikasi Ikan Cupang Laut

Kingdom    : Animalia
Phylum      : Chordata
Class           : Actinopterygii
Order         : Perciformes
Family        : Plesiopidae
Genus         : Calloplesiops
Species       : C. altivelis

Info Tentang Cupang Laut

Kalau dalam bahasa Inggris, ikan cupang laut disebut Marine Betta. Untuk nama ilmiahnya adalah Calloplesiops altivelis. Ikan ini juga familiar dengan nama Comet.

Ikan ini bisa ditemukan di dalam celah-celah batu di lautan Indo-Pasifik, di kedalaman sekitar 45 meter, dan termasuk dalam golongan kerapu.

Ikan ini termasuk ikan predator yang memangsa ikan-ikan kecil termasuk udang kecil juga. Cara berburu mangsanya mirip dengan ikan belut moray.

Kalau di alam bebas di laut, ikan ini saat dewasa ukurannya bisa sampai 27 cm atau 11 inci, sedangkan ketika berada dipenakaran atau dipelihara dalam akuarium bisa sampai 16 cm atau 6 inci.

Bagaimana Cara Memelihara Ikan Cupang Laut Di Akuarium?

Cara merawat ikan cupang laut cenderung lebih membutuhkan ketelatenan, berbeda dengan merawat ikan hias air tawar yang cenderung lebih mudah dirawat. Apalagi ikan ini adalah ikan predator yang aktif di malam hari (nokturnal).

Maka dari itu, ikan ini membutuhkan perawatan khusus, seperti misalnya akuarium, air, aksesoris akuarium, lampu akuarium, dan yang paling penting adalah masalah pakannya.

Hal yang perlu dipersiapkan dan diperhatikan untuk memelihara ikan cupang laut:

1. Akuarium
Untuk merawat ikan ini dibutuhkan akuarium yang mampu menampung kurang lebih 200 liter air atau 55 galon (AS). Ukuran ini untuk sepasang ikan cupang laut. Dan airnya harus disesuaikan dengan habitat aslinya.

2. Aksesoris Akuarium
Seperti yang sudah dijelaskan tadi di atas, bahwa ikan ini menghuni celah-celah batu dan berburu mangsa seperti belut moray. Maka dari itu, aksesoris yang diperlukan untuk ditempatkan di akuarium adalah gua gua dan bebatuan yang bisa diseting dengan celah celah untuk bersembunyi dan menangkap mangsanya.

3. Lampu Akuarium


Seperti yang sudah dijelaskan lagi, di atas tadi, ikan ini adalah hewan nokturnal. Untuk itu lampu akuarium yang cocok untuk menerangi adalah lampu yang agak redup, karena itu akan lebih disukai cupang laut.

4. Pemberian Pakan
Pertama-tama, sebaiknya ikan ini diberi pakan hidup, seperti udang atau ikan kecil. Tidak dianjurkan untuk langsung memberinya pakan palet. Nah, setelah ikan sudah benar-benar nyaman berada di akuarium, baru bisa diberi pakan palet atau pakan buatan sebagai pakan vareasi dari pakan hidup.

Baca juga: Ikan Badut, Si Nemo Yang Gemar Petualang

Itulah tadi sedikit informasi tentang ikan cupang dari laut yang indah. Semoga bermanfaat!

Previous post

Cara Membuat Hiasan Akuarium Sederhana dan Murah

Next post

Mengenal Ikan Guppy Mozaik

Komentar Anda