Aquascape

Keong Turbo, Pemakan Lumut dengan Kekuatan Turbo (Zebra Snail)



duniaair.com – Keong turbo atau juga sering disebut dengan keong zebra ini mempunyai nama latin Neritina Natalensis merupakan salah satu keong yang populer dikalangan penghobi aquascape. Penampilannya yang menarik dengan warna cangkang emas dengan garis-garis hitam. Ukuran keong ini lebih besar dari keong lainnya.

Cara Berkembang Biak

Salah satu kelemahan keong ini yakni ketidak mampuan untuk berkembang biak pada kondisi air tawar murni, diperlukan air payau jika ingin mengembang biakannya. Beberapa penghobi mungkin berhasil mengembang biakan keong ini pada kondisi air tawar murni tetapi banyak keong muda yang tidak terlalu lama untuk bertahan hidup. Di satu sisi sulitnya mengembang biakkan keonk turbo, bisa menjadi nilai lebih karena populasinya bisa dikontrol dan tidak menjadi hama di akuarium.

keong turbo

keong turbo

Kelebihan Keong Turbo

Para hobiess membeli keong turbo bukan hanya penampilannya yang indah, melainkan karena kekuatan keong ini memakan dan membersihkan lumut yang menempel pada kaca akuarium, batu dan daun sekalipun. Dikarenakan memiliki ukuran yang lebih besar dan lebih berat dari jenis keong lain, si turbo ini tidak dapat memakan lumut di daun yang berukuran kecil. Dianjurkan untuk memberi makanan tambahan supaya keong ini tidak kelaparan dan tidak bergantung lumut yang ada didalam akuarium.

Kekurangan Keong Turbo

Keong turbo dapat melarikan diri dan membuat jalan keluar dari akuarium dikarenakan keong ini mempunyai kemampuan yang dapat hidup diluar air atau sering disebut keong pasang surut. Disarankan untuk selalu mengawasi si turbo ini dan melihat di sekitar akuarium, diperkirakan keong ini akan mencoba keluar karena merasa tidak nyaman dengan lingkungan tempat tinggalnya.

keong turbo

keong turbo

Previous post

DIY : Tips Membuat Internal Canister Filter

Next post

DIY : Membuat Akuarium Surface Skimmer

Komentar Anda