AquascapeIkan Hias

Neon Tetra, Si Biru Merah Penghias Aquascape



Neon Tetra berasal dari perairan blackwater Amazon atau aliran cleanwater di tenggara Kolombia, dekat perbatasan negara Peru. Di habitat aslinya, ikan ini mempunyai sifat omnivora (pemakan segala). Yang menjadi keindahan ikan ini adalah pada warna tubuhnya yang bercahaya. Apabila diperhatikan sekilas bentuk dan warna ikan ini sangat mirip dengan Cardinal Tetra, perbedaanya ikan ini tidak mempunyai garis merah dibawah garis biru disepanjang tubuhnya. Garis merah pada neon tetra hanya berada di setengah badan sampai ekor.

Neon Tetra Berkelompok

Neon Tetra Berkelompok

Habitat Neon Tetra

Neon Tetra mampu beradaptasi dengan baik terhadap perubahan kondisi air. Di habitat aslinya ikan ini mendiami perairan yang sedikit asam (pH agak rendah). Suhu yang cocok untuk neon tetra yakni berkisar antara 25 – 27 derajat celcius dengan memiliki pH antara 5,5 – 7,5 dan kesadahan 1,0 – 2,0.

Baca juga : Lima Jenis Tanaman Karpet Terbaik Untuk Aquascape

Morfologi Neon Tetra

Neon Tetra dengan nama latin Paracheirodon Innesi merupakan ikan air tawar dari keluarga characin (Keluarga Characidae) dari order Characiformes. Ukuran maksimal ikan ini hanya sekitar 3 cm. Perbedaan jantan dan betina sangat jelas. Neon Tetra jantan terdapat garis biru lurus, sedangkan pada ikan betina terlihat lebih bengkok dan dengan bentuk perut yang sedikit lebih besar.

Baca juga : Red Cheery Shimp, Si Udang Merah Pemanis Aquascape

Makanan Neon Tetra

Perilaku dan Makanan Neon Tetra

Ikan Neon Tetra termasuk ikan perenang tengah dan berenang secara bergerombol, disarankan untuk memelihara lebih dari 10 ekor. Warna dari ikan ini akan redup di malam hari dan hampir tidak terlihat pada kegelapan. Selain itu warna tersebut dapat memudar jika ikan ini mengalami stres, sebaiknya agar tidak dipelihara dengan ikan besar atau ikan agresif yang dapat berebutan makan dengan mereka. Ikan yang cocok antara lain guppy atau ikan tetra jenis lain.

Ikan ini termasuk ikan omnivora (pemakan segala) dan menyukai makanan berupa flake food, udang-udang kecil, daphnia, cacing darah beku, tubifex atau pelet berukuran kecil. Pelet tropis tenggelam sangat ideal untuk mereka, karena sebagian besar merek dagang yang tersedia di antaranya terdapat peningkat warna alami yang membuat keluar warna neon tetra.

 

Previous post

Datz Borneo, Predator Belang dari Kalimantan

Next post

Jenis, Perbedaan dan Aturan Pemakaian Pupuk Dalam Aquascape

Komentar Anda