Air TawarIkan Predator

Redtail Catfish, Lele Berekor Merah Dari Amazon



duniaair.com – Redtail Catfish atau sering disingkat dengan RTC ini merupakan salah satu ikan hias predator yang digemari oleh para hobbies ikan predator/iwak galak. Bentuk dan perpaduan warna merah pada ekornya kontras dengan warna putih bagian perut dan hitam dibagian atasnya.

Redtail Catfish mempunyai ekor yang rata tidak runcing seperti ekor ikan pada umumnya dan warna merahnya akan semakin menyala dengan bertambah umur dan besar ukuran tubuhnya.Keunikan dari catfish ini selain ekornya yang berwarna merah yakni ukuran kepalanya besar dan bisa berpola batik.

Dinegara asal ikan ini, walaupun mempunyai badan yang gemuk, banyak pemancing yang tidak mau memakannya karena dibalik kulitnya yang hitam, dagingnya juga hitam. Bahkan ada mitos dari orang Indian percaya bahwa yang berani memakan daging hitam tersebut akan mendapatkan sial seumur hidupnya.

Klasifikasi Ilmiah

redtail catfish

redtail catfish

Dilihat dari situs wikipedia.org, Ikan ini masuk dalam family Pimelodidae, Genus Phractocephalus dan masuk dalam spesies P.Hemioliopterus. Ikan lele asal amazon ini dialam liar mampu tumbuh hingga ukuran lebih dari 1 meter bahkan bisa mencapai 1,8 meter dengan berat 80 kg. Untuk umur, Redtail Catfish bisa mencapai sekitar 20 tahun. Untuk memelihara ikan ini diperlukan akuarium yang besar, atau bisa diperilhara didalam kolam.

Pakan Redtail Catfish

Redtail Catfish termasuk ikan predator yang rakus dan termasuk ikan omnivora (pemakan segala), semua jenis ikan dimakannya baik dalam keadaan hidup maupun mati. Walaupun predator, ikan lele ini masih bisa disatukan dengan ikan lain asal masih dalam satu jenis (catfish). Jatah makan RTC untuk ukuran 20cm, sehari bisa memakan 3-5 ekor ikan mas dengan ukuran 2,5cm. Dan kalau sudah dalam ukuran besar, ikan ini mampu menelan ikan mas sebesar 7,5cm.

Pakan yang dihindari adalah hati sapi dan daging ayam karena pakan ini mengandung ‘lipids’ yang susah dicerna oleh metabolism Redtail Catfish. Pola pemberian makan sebaiknya dilakukan tiap hari dan dikurangi hingga seminggu sekali bila ikan sudah berukuran dewasa. Pemberian makan secara berlebihan (overfeed) dapat menyebabkan kematian ikan ini.

monster redtail catfish

monster redtail catfish

Perawatan Redtail Catfish

Sang predator berekor merah ini termasuk ikan yang bandel dan tahan banting, tidak mudah sakit atau mati asal dirawat dengan sungguh. Penyakit seperti white spot atau pembusukan ekor tidak mempan pada ikan ini. Perawatannya pun hampir sama dengan lele lokal. Airnya tidak perlu diganti setiap saat asal kadar oksigen yang cukup dan sistem filtrasi serta sirkulasi dipertahankan. Untuk menjaga agar ikan tetap dalam kondisi sehat dan prima diperlukan kondisi air dengan suhu 22-26 derajat C dan pH netral 8

Previous post

Aneka Ragam Ikan Hias Air Tawar

Next post

Red Cheery Shimp, Si Udang Merah Pemanis Aquascape

Komentar Anda