Air TawarIkan Hias

Aneka Ragam Ikan Hias Air Tawar



duniaair.com – Ikan hias air tawar memang paling banyak diminati oleh penggemar ikan di Indonesia karena biaya perawatan lebih murah dan budidayanya dibilang lebih mudah. Memelihara ikan hias memiliki kesenangan tersendiri, unsur keindahan menjadi faktor utama dalam memelihara ikan hias. Kebanyakan orang memelihara ikan hias untuk dekorasi ruangan, disamping selain itu menikmati ikan hias yag berenang di akuarium maupun kolam juga dapat memberikan ketenangan. Sebagian orang percaya memelihara jenis ikan hias tertentu dapat mendatangkan hoki dan rezeki.
Indonesia memiliki banyak jenis ikan hias air tawar. Menurut catatan Kementrian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia (KKP), terdapat lebih dari 1.100 spesies ikan hias air tawar yang diperdagangkan secara global. Dari jumlah tersebut Indonesia memiliki 400 spesies, tetapi hanya 90 spesies yang dibudidayakan masyarakat.
Lalu jenis apa saja yang paling populer di Indonesia? Berikut jenis -jenis ikan hias air tawar yang paling banyak diminatidi Indonesia:

  1. Ikan Arwana
    ikan arwana

    ikan arwana

    Ikan Arwana atau dalam bahasa latinnya Scleropages sp. merupakan salah satu ikan endemik di Indonesia. Arwana memiliki banyak julukan, yakni ikan naga, ikan siluk, silok, payang, khayangan, dan kalsa. Ikan arwana memiliki warna yang indah dan beragam, tak hayal ikan yang panjangnya bisa mencapai satu meteran lebih ini menjadi salah satu primadona masyarakat kita.   Tak hanya itu, konon memelihara ikan arwana bisa mendatangkan hoki bagi pemiliknya. Namun harga ikan ini tergolong mahal. Untuk jenis – jenis tertentu harga ikan ini bisa mencapai jutaan rupiah.

  2. Ikan Koi
    ikan koi

    ikan koi

    Ikan Koi atau Cyprinus carpio L pertama kali dibudidayakan di Jepang. Sekitar tahun 1820-an masyarakat jepang berhasil menyilangkan beberapa strain ikan mas menjadi ikan koi beraneka warna yang menarik. Seiring berkembangnya waktu ikan ini mempunyai beberapa jenis dan varian yang banyak. Ikan hias air tawar ini paling cocok dipelihara di dala kolam bukan di akuarium. Karena daya tarik ikan koi terdapat pada warna dipunggunya apabila dilihat dari atas.

  3. Ikan Oscar
    ikan oscar

    ikan oscar

    Ikan oskar atau Astronotus ocellatus ini bentuknya hampir mirip dengan ikan Gurame, bentuk serta sirip bagian atas yang lebar membuatnya sangat mirip dan yang membedakannya adalah kombiasi yang dimiliki ikan oscar ini. Ikan oskar memiliki warna yang lebih berani seperti hitam, merah, orange, putih dan masih banyak lagi. Kombinasi tersebut terlihat seperti batik yang menghiasi tubuhnya, ikan ini sangat cocok sekali jika ditaruh akuarium yang berukuran sedang.

  4. Ikan Guppy
    ikan guppy

    ikan guppy

    Ikan Guppy dalam bahasa latinnya Poecilia reticulata merupakan ikan hias air tawar yang paling populer di dunia. Ikan guppy memiliki banyak nama diantaranya ikan seribu, ikan cere, gepi, cetol, bungkreung, klataw dan lain- lain. Ikan yang mulanya berasal dari Amerika Tengah ini memiliki bentuk dan warna yang sangat unik terutama bagian ekornya sehingga banyak digemari pecinta ikan hias.Pembudidayaan ikan guppy tergolong mudah dengan sekali pembiakan seekor guppy bisa menghasilkan 30 -100 ekor anakan.

  5. Ikan Koki
    ikan koki

    ikan koki

    Ikan Koiki atau Carrasius auratus masih satu keluarga dengan ikan mas. Ikan koki pertama dikenal di negara China. Namun yang mempopulerkan ikan ini adalah bangsa jepang. Dari situlah ikan koki menjadi variatif dan banyak bentuknya. Ikan mas koki yang dihasilkan antara lain berbentuk bulat, pendek, benjol-benjol, dan bersirip panjang. Ikan Koki memiliki mata yang besar dan agak menonjol keluar, warna sisik bervariasi dari putih, metalik, merah, kuning, merah kekuningan, hijau, hitam atau kombinasi dari warna-warna tersebut. Warna – warna pada tubuh ikan koki ini ditentukan oleh kandungan pigmennya.

  6. Ikan Cupang
    betta

    ikan cupang

    Ikan Cupang (Betta splendens) merupakan ikan air tawar yang habitatnya berasal dari negara di Asia Tenggara. Ikan cupang memiliki warna dan corak tubuh yang eksotik dengan bentuk sirip yang bermacam – macam nan indah. Disamping itu ikan cupang bersifat petarung, agresif dan suka menyerang bila ada yang masuk dikawasan teritorialnya. Ikan cupang sangat mudah dalam pemeliharaanya, tidak butuh fasilitas mahal bisa dilakukan dalam skala rumahan.

  7. Ikan Louhan
    ikan louhan

    ikan louhan

    Ikan Louhan atau Flowerhorn merupakan salah satu ikan hias terkenal yang dipelihara di dalam akuarium karena warna sisik mereka yang hidup serta uniknya benjolan kepala mereka yang berbentuk khas. Aslinya mereka hanya berhabitat di Malaysia dan Taiwan, namun saat ini banyak dipelihra oleh penggemar ikan di seluruh dunia. Ikan louhan mempunyai sifat agresif dan bila lepas ke perairan umum bisa menjadi predator bagi ikan lainnya.

  8. Ikan Discus
    ikan discus

    ikan discus

    Ikan discus (Symphysodon discus) berasal dari perairan amazon. Ikan ini sangat unik karena memiliki tubuh yang ramping. Disebut discus karena bentuknya seperti piringan (disc) dengan warna-warni yang atraktif dan cerah. Pembawaan ikan hias air tawar ini sangat tenang dan gerakannya lembut. Warna-warna cerahnya menjadikan tubuh ikan ini semakin terlihat cantik.

  9. Ikan Neon Tetra
    ikan neon tetra

    ikan neon tetra

    Neon Tetra atau Paracheirodon innesi merupakan ikan yang berasal dari daerah Amerika Latin. Ikan ini memiliki warna biru terang dibagian punggung dan putih di abdomen. Biasanya neon tetra dipelihara dalam jumlah banyak, sehingga lebih indah bila dilihat.

  10. Ikan Manfish
    angel fish

    angel fish

    Ikan Manfish atau sering juga disebut Angel fish adalah ikan hias yang berbentuk segitiga dengan tubuh yang membentak keatas dan kebawah, serta warna-warna yang dimilikinya juga sangat unik. Ikan ini berasal dari perairan Amazon, Brazil, Columbia dan Peru di wilayah Amerika Selatan.

Previous post

Ikan Patin, Jenis dan Manfaatnya

Next post

Redtail Catfish, Lele Berekor Merah Dari Amazon

Komentar Anda