Air TawarIkan Hias

Black Ghost, Ikan Pemalu yang Bisa Menghasilkan Listrik



duniaair.com – Ikan Black Ghost (Apterontus albifrons) merupakan ikan air tawar yang berasal dari sungai Amazone, Amerika Selatan yang ukurannya dapat mencapai 50 cm yang tergolong sebagai ikan pisau (knife fish). Disebut Black Ghost atau ‘Si Setan Hitam’ karena tubuhnya berwarna hitam kusam (warna putih hanya melilit pada pangkal ekornya) sedangkan ikan ini suka bersembunyi dalam kegelapan pada siang hari dan melakukan aktivitasnya pada malam hari. Meskipun ikan ini dinamakan black ghost kenyataanya ikan ini merupakan ikan yang jinak dan dapat bersahabat dengan ikan lainnya.

ikan black ghost

ikan black ghost

Mampu Menghasilkan Listrik

Pada umumnya ikan ini dikenal sebagai ikan aquarium karena warnanya yang begitu eksotis dan gerakkanya yang sangat unik, maju mundur serta bentuk bawahnya menyerupai bendera saat berkibar sehingga ikan ini banyak digemari sebagai ikan hias. Black Ghost bersifat nokturnal serta mampu menghasilkan listrik lemah (<1V/cm) dengan frekuensi medan listrik antara 0,1-10 kHz. Sinyal listrik dihasilkan dari organ di ekor ikan dan akan didistribusikan oleh reseptor yang ada di seluruh kulitnya untuk mendeteksi keberadaan mangsa (larva serangga) serta untuk mengenali objek sekitar (navigasi) dan berkomunikasi dengan ikan lain.

Pemeliharaan Ikan Black Ghost

Ikan Black Ghost dapat hidup diperairan pada suhu 23 – 28 derajat celcius dengan pH 6,5 – 7,5. Makanan utama black ghost adalah pakan hidup, beku ataupun kering yang dapat berupa larva serangga maupun cacing beku. Pemberian pakan sebaiknya tidak berlebihan karena bisa mengotori aquarium dan bisa meracuni air. Untuk pemeliharaan blcak ghost sebaiknya di aquarium yang gelap dan banyak tempat persembunyiannya karena ikan black ghost itu pemalu. Dalam memelihara ikan ini tidak dianjurkan satu tempat dengan ikan penghasil listrik lainnya karena sinyal listrik yang dihasilkan dapat merusak sistem radar dan distem navigasi masing – masing ikan. Selain itu jangan menempatkan ikan bersifat pemangsa dalam satu wadah dengan ikan black ghost dikarenakan ikan ini mempunyai ekor yang mirip cacing.

Perbedaan Jantan dan Betina

Ciri-ciri Black Ghost Ikan Black Ghost Jantan Ikan Black Ghost Betina
Bentuk Tubuh Bertubuh lebih Besar, Panjang, Ramping dan Lurus Bertubuh lebih Kecil, Pendek, Gemuk, dan tidak lurus
Gerakan Lebih Lincah  Tidak Selincah Jantan

 

Previous post

Botia Macracanthus, Si Loreng dari Indonesia

Next post

Ikan Badut, Si Nemo Yang Gemar Petualang

Komentar Anda