Air TawarIkan Predator

Green Terror, Si Cichlid Yang Suka Meneror dan Penuh Warna



duniaair.com – Ikan Green Terror adalah salah satu jenis cichlid yang banyak dikenal di Indonesia. Ikan yang berasal dari perairan Amerika Selatan lebih tepatnya ditemukan pertama kali di Amerika Selatan, Sungai Tumbes Peru Tengah dan di Sungai Esmeraldas Ekuador Barat pada tahun 1860 oleh Gunther. Ikan ini mempunyai warna kemilau hijau metalik dan biru disebagian besar tubuhnya. Pada ikan jantan memiliki warna yang lebih terang dan mencolok daripada ikan betina, dan terdapat warna merah dibagian sirip ekornya.

Morfologi Ikan Green Terror

Green Terror atau Aequidens Rivulatus di habitat aslinya, untuk ukuran tubuhnya bisa mencapai ukuran 25 – 31 cm. Ikan Green Terror dewasa juga mengembangkan punuk yang berada di atas kepalanya supaya lebih menjendol.

Ikan Green Terror Dewasa

Ikan Green Terror Dewasa dengan Jendolan di atas kepala

Habitat Ikan Green Terror

Ikan ini termasuk ikan yang cukup agresif dan membutuhkan akuarium yang besar. Ketika masih ukuran kecil, ikan ini dapat diperihara dengan jenis cichlid dari Amerika Selatan lainnya dan ketika sudah dewasa harus dipisahkan sendiri. Memerlukan setidaknya minimal 50 galon air dan ada baiknya ditambah tempat persembunyian seperti batu-batuan atau kayu dan mempunyai suhu antara 25 – 28 derajat celcius.

Walaupun termasuk ikan teritory dan kadang suka menterror ikan lainnya ketika mempertahankan wilayahnya, green terror kadang bisa didamai dengan ikan jenis lain seperti oscar, pacu, silver dolar, gars dan ikan yang ukurannya sama.

Ikan Green Terror Muda

Ikan Green Terror Muda

Baca juga : Palmas, Ikan Naga dari Benua Afrika

Makanan Ikan Green Terror

Ikan Green Terror termasuk ikan yang mudah untuk dipelihara karena, ikan ini mampu beradaptasi dengan berbagai kondisi air. Selain itu ikan ini juga sangat mudah untuk diternak. Untuk makanan, green terror masuk kedalam jenis ikan omnivora (pemakan segala) baik seperti krill, cacing kering, udang-udangan dan dapat juga diberi makan pelet cichlid. Terkadang untuk memunculkan warna merah ditubuhnya, pecinta ikan ini akan memberi nya makan cacing tanah merah yang masih hidup

Ikan Green Terror

Ikan Green Terror

Untuk pola makan ikan ini, pada masa muda bisa diberi pakan 2 sampai 3 kali sehari dan setelah dewasa cukup dengan 1 sampai 2 kali sehari. Jangan memberi makan daging dan hati sapi mentah karena dapat mengaggu sistem pencernaanya dikarena mengandung protein yang terlalu tinggi. Bagaiman apa kah minta untuk memelihara ikan yang suka menterror ini?

Baca juga : Datz Borneo, Predator Belang dari Kalimantan

Previous post

6 Jenis Kayu Penghias Aquascape

Next post

Cara Menanam Tanaman Air di Akuarium ( Part 1 )

Komentar Anda